DetikNews
Rabu 20 Maret 2019, 17:54 WIB

Pilot Lion Air Ini Dipenjara karena Pindah ke NAM Air, Kok Bisa?

Andi Saputra - detikNews
Pilot Lion Air Ini Dipenjara karena Pindah ke NAM Air, Kok Bisa? Ilustrasi (dok.detikcom)
Jakarta - Pilot Lion Air, Eggiansyah El Islamy, pindah ke NAM Air. Belakangan, ia malah dipenjara karena pindah maskapai. Bagaimana ceritanya?

Kasus bermula saat Eggi melakukan ikatan dinas dengan Wings Air pada 2013 yang berlaku selama 10 tahun ke depan. Tiga tahun berselang, Eggi mendengar ada lowongan pilot di NAM Air. Ia pun tergerak pindah.

Namun karena terkendala ikatan dinas, ia memutar otak untuk mengakalinya. Eggi merekayasa surat yang seolah-olah ia resmi keluar dan disetujui pihak Lion Air.

Bermodal hal itu, ia kemudian mendaftar di NAM Air dan diterima. Belakangan, Lion Air tidak terima dan mengusut kejanggalan tersebut. Terungkaplah surat palsu yang dibuat Eggi. Eggi dipolisikan Lion Air dan diadili.

Pada 27 September 2018, PN Jakbar menjatuhkan hukuman 2 tahun dan 3 bulan kepada Eggi. Majelis menyatakan Eggi terbukti melakukan pidana 'menggunakan surat palsu'.

Atas vonis itu, baik jaksa dan terdakwa sama-sama mengajukan banding.

"Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Barat Nomor 1211/Pid.B/2018/PN.Jkt.Brt," ujar majelis banding sebagaimana dilansir website MA, Rabu (20/3/2019). Duduk sebagai ketua majelis Elang Prakoso dengan anggota M Zubaidi Rahmat dan Nyoman Deddy Triparsada.





Tonton juga video Misteri Return to Base Pilot Lion Air JT 610 Sebelum Jatuh:

[Gambas:Video 20detik]


(asp/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed