detikNews
Kamis 14 Maret 2019, 17:17 WIB

Baca Pleidoi, Anak Buah Penyuap Hakim Merry Purba Menyesal

Zunita Putri - detikNews
Baca Pleidoi, Anak Buah Penyuap Hakim Merry Purba Menyesal Terdakwa perkara suap terhadap hakim di Medan, Hadi Setiawan, membacakan pleidoi dalam persidangan (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Terdakwa perkara suap terhadap hakim di Medan, Hadi Setiawan, menyesal telah membantu Tamin Sukardi menyerahkan uang suap pada panitera Pengadilan Negeri (PN) Medan, Helpandi. Uang suap itu diyakini jaksa KPK untuk hakim ad hoc Pengadilan Tipikor Medan, Merry Purba.

"Sungguh saya menyesali saya ke Medan pada 24 Agustus 2018. Seandainya saya nggak ke Medan, tentu saya tidak terlibat mengenai perkara ini," ucap Hadi saat membacakan nota pembelaan atau pleidoi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2019).




Hadi mengaku perkara ini menghancurkan kehidupannya, termasuk bisnis dan keluarganya. Dia turut meminta maaf karena perkara ini sempat menyeret karier orang lain.

"Saya juga mohon maaf atas dua teman saya, Marsudin Nainggolan dan Wahyu Prasetyo Wibowo. Saya sangat sedih kedua teman saya harus kehilangan jabatannya kali ini," sebutnya.

Saat perkara terjadi, Marsudin merupakan Ketua PN Medan, sedangkan Wahyu adalah Wakil Ketua PN Medan. Marsudin dan Wahyu sempat dipanggil KPK untuk dimintai keterangannya ketika kasus ini masuk ke proses penyidikan. Keduanya sempat mendapatkan promosi jabatan tetapi kemudian ditunda.




"Melalui nota pembelaan ini saya harap pengadilan ini adalah pengadilan berbelas kasihan. Saya mohon majelis hakim mengurangi hukuman saya. Saya menyesali dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi," ucap Hadi.

Sebelumnya, Hadi dituntut 5 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 350 juta subsider 4 bulan kurungan terkait perkara tersebut. Jaksa KPK meyakini Hadi membantu Tamin menyuap Merry untuk melancarkan perkaranya di Pengadilan Tipikor Medan.
(zap/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed