detikNews
Selasa 12 Maret 2019, 19:39 WIB

Putri Ayuningtyas Jamin Tak akan Intervensi Kandidat di Debat Cawapres

Yulida Medistiara - detikNews
Putri Ayuningtyas Jamin Tak akan Intervensi Kandidat di Debat Cawapres Moderator debat cawapres, Putri Ayuningtyas (Yulida/detikcom)
Jakarta - Moderator debat cawapres Pilpres 2019, Putri Ayuningtyas, menyatakan kesiapannya memandu acara debat pada 17 Maret nanti. Ia menjamin tidak akan mengintervensi kandidat debat cawapres.

"Perbedaan itu baru bisa terjawab nanti pada hari-H. Jalannya seperti apa, tapi yang pasti rambu-rambunya sudah jelas. Kami tidak akan bisa mengintervensi sampai sejauh apa," ujar Putri seusai FGD bersama KPU di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).



Putri mengatakan sudah siap memandu jalannya debat cawapres bersama partnernya, Alfito Deannova. Putri mengaku tidak ada persiapan khusus untuk memandu jalannya debat, tetapi ia memastikan akan mengemban tugas dengan amanah.

"Kalau persiapan khusus tidak ada karena memang kami pun masih disibukkan dengan pekerjaan masing masing. Kami juga disibukkan dengan kegiatan KPU dan panelis. Jadi biasa saja, cuma karena ini amanah spesial untuk saya. Itu yang saya terus tekankan setiap pagi agar masih di kepala ini amanah dijaga baik-baik," kata Putri.

Ia berharap debat cawapres berjalan lancar dan baik. Ia berharap para kandidat melakukan kritik yang membangun atau konstruktif.

"Debat itu seharusnya konstruktif ya. Jadi nggak ada ukuran panas atau tidak panas. Jadi saya tidak terlalu nyaman dengan istilah debat panas itu. Jadi kita lihat nanti bagaimana, tapi saya rasa dua-duanya kandidat ini kita kenal beberapa pertanyaan di publik saling menghormati. Jadi saya rasa tidak ada peristiwa apa pun gitu ya," kata Putri.



Putri mengatakan pentingnya masyarakat menyaksikan debat cawapres agar bisa menentukan pilihan kandidat mana yang dipilih. Juga untuk mengetahui visi-misi yang dimiliki para kandidat.

"Sehingga hanya kali ini saja masyarakat bisa lihat apa visi-misi yang dimiliki para kandidat wakil presiden. Mengapa ini penting dilihat oleh para calon pemilih, karena bagaimanapun mereka dua orang kandidat ini adalah putra terbaik Indonesia yang akan jadi RI-2 nantinya. Jadi harus bisa maksimal sudut pandangnya, pola pikirnya, tanya-jawabnya bisa dieksplor sehingga bisa memberikan kepuasan kepada para pemilih yang mungkin belum menentukan pilihan sampai saat ini," ujar Putri.

Sebelumnya, KPU menentukan Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas sebagai moderator. Debat ketiga diselenggarakan pada 17 Maret 2019 di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat, dan akan disiarkan secara langsung di Trans TV, Trans 7, CNN TV Indonesia, dan detikcom.
(yld/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed