detikNews
Senin 11 Maret 2019, 11:09 WIB

Ruang Kantor Wali Kota Pekanbaru Dirombak Jadi Mal Pelayanan Publik

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Ruang Kantor Wali Kota Pekanbaru Dirombak Jadi Mal Pelayanan Publik Foto: Mal Pelayanan Publik Pekanbaru (chaidir/detikcom)
Pekanbaru - Mal Pelayanan Publik (MPP) di Pekanbaru baru sepekan yang lalu diresmikan. Kini MPP tersebut mulai ramai dikunjungi masyarakat.

MPP ini berada di Kantor Wali Kota Pekanbaru di Jl Sudirman, Pekanbaru. Letak pelayanan ini satu gedung dengan Kantor Wali Kota tepatnya di lantai dasar. Dulunya ruangan administrasi di Kantor Wali Kota, kini disulap menjadi MPP.

Dari pantauan detikcom, Senin (11/3/2019), ruangan MPP ini sangat luas. Dari ruangan yang sejuk karena AC, di sanalah berbagai perwakilan instansi pemerintah membuka standnya di sana. Satu ruangan luasnya tak lebih sekitar 3 m x 2 meter. Sejumlah konter instansi terkait terpajang di sana.

Untuk memperindah ruangan dan membuat publik nyaman, disediakan tempat duduk yang empuk. Selain itu lorongan pemisah konter dihiasi pohon-pohon plastik.

Untuk mendapatkan pelayanan ini, warga terlebih dahulu harus mengambil nomor antrean sesuai dengan pelayanan yang diinginkan. Nantinya nomor antrean akan dibaca oleh operator sesuai dengan konter yang dituju.

Masyarakat yang datang dengan membawa anak-anak tak perlu khawatir bosan. Karena di ruangan ini tersedia tempat bermain anak, serta ruangan ibu menyusui. Saat dikunjungi, ruangan ini terlibat sejumlah bocah lagi bermain bersama orang tuanya.

Konter paling ramai dikunjungi masyarakat adalah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru. Di depan konter ini terlihat warga harus bersabar antrean. Malah baru sampai pukul 10.30 WIB, Disdukcapil sudah menutup pelayanan publiknya. Ini karena banyaknya warga yang mengurus KTP atau surat pindah.

"Untuk Disdukcapil, pelayanannya sudah tutup. Karena antreannya sudah banyak, sehingga kalau ada yang urgensi silahkan langsung saja tak usah pakai kertas antrean," kata petugas konter pelayanan publik.

Selain itu, ada juga PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru. Polresta Pekanbaru juga membuka konter di MPP Pekanbaru. Masyarakat juga ramai mengunjungi konter ini.

"Kami melayani perpanjangan SIM, penganti SIM yang rusak, serta melayani SKCK (Surat keterangan catatan kepolisian). Tapi untuk mengurus SIM baru tetap di SRDC (Riau Safety Driving Center) karena di harus ada praktik berkendaraan. Alhamdulilah, konter kita juga ramai dikunjungi warga. Semoga ini bisa membantu untuk pelayanan publik," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Susanto kepada detikcom.

MPP yang berada di jantung kota Pekanbaru ini menjadikan pelayanan yang mudah dijangkau masyarakat khususnya yang bekerja di kawasan pusat kota. Mereka bisa menyempatkan waktu untuk mendapatkan pelayan di sana.

"Ya lumayanlah ada MPP sekarang ini. Kita yang bekerja di kawasan pusat kota, bisa mampir untuk urusan tertentu. Saya sambil kerja, tapi bisa sambil mengurus pajak," kata Suherman karyawan perusahaan swasta itu.

Kelemahan MPP ini adalah, soal tempat parkir khususnya kendaan roda empat. Ini karena MPP ini satu gedung dengan Kantor Wali Kota. Sehingga, kondisi parkir kendaraan roda empat menjadi permasalahan tersendiri. Halaman parkir yang tersedia sudah banyak dijebuli para PNS di lingkup Kantor Wali Kota.

"Pelayanan publiknya sudah bagus Pak, hanya saja kita kesulitan untuk mencari tempat parkir mobil. Kadang kita harus parkir jauh dari Kantor MPP, karena sudah banyak kendaraan PNS yang lebih awal pakir," keluh Indra Bakti (43) warga Kecamatan Tampan yang mengurus IMB .
(cha/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com