detikNews
Sabtu 09 Maret 2019, 01:35 WIB

Sandiaga Beri Tips Jadi Wirausaha ke Santri Ponpes Darussalam Ciamis

Mochamad Zhacky - detikNews
Sandiaga Beri Tips Jadi Wirausaha ke Santri Ponpes Darussalam Ciamis Sandiaga Uno bersama Ahmad Heryawan saat kunjungan ke Jawa Barat. (Foto: dok. BPN Prabowo-Sandiaga)
Ciamis - Cawapres Sandiaga Uno meminta para santri berperan aktif dalam memberdayakan ekonomi umat Islam. Sandiaga menyebut para santri harus bisa membuka lapangan pekerjaan selepas lulus dari pesantren.

"Para santri di sini akan menjadi ahli agama, tapi juga ahli dagang. Santri ke depan, lulus dari sini menciptakan lapangan kerja. Para santripreneur yang menggerakkan ekonomi masyarakat," kata Sandiaga.




Permintaan itu disampaikan Sandiaga ketika berkunjung ke Pondok Pesantren Darussalam, Ciamis, Jawa Barat, Jumat (8/3/2019). Sandiaga mengaku hanya ingin bersilaturahmi dengan para pimpinan Ponpes Darussalam.

Sandiaga juga sempat memberikan tips kepada para santri. Cawapres nomor urut 02 itu mengatakan, untuk bisa menjadi santripreneur, ada empat langkah yang harus dilakukan, yakni preparation, speed, endurance, dan teamwork.




"Jadi santri harus punya persiapan apa yang akan direncanakannya ke depan dalam membangun usaha. Selanjutnya adalah percepatan dalam merealisasikan ide, kemudian ketahanan dalam mewujudkannya. Siap jatuh-bangun dan tidak pernah menyerah. Kemudian kerja sama dipadu dengan semangat kolaborasi," papar Sandiaga.

Eks Wagub DKI Jakarta ini juga sempat unjuk kebolehan dalam bernyanyi. Sandiaga menyanyikan lagu berjudul 'Hadapi dengan Senyuman' milik Dewa 19.

"Ini persiapan konser Hadapi dengan Senyuman di Surabaya, Minggu (10/3/2019). Konser untuk Ahmad Dhani yang kini dipenjara," ucapnya.
(zak/ibh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com