DetikNews
Jumat 08 Maret 2019, 01:34 WIB

Awan Panas Merapi Kembali Keluar Malam Ini, Semburan Capai 1,3 Km

Audrey Santoso - detikNews
Awan Panas Merapi Kembali Keluar Malam Ini, Semburan Capai 1,3 Km Foto: Ilustrasi guguran awan panas Gunung Merapi (AntaraFOTO)
Jakarta - Awan panas kembali keluar dari kawah Gunung Merapi malam ini. Jarak luncur awan panas tersebut 1,3 kilometer. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan aktivitas Merapi malam ini di akun Twitter resminya @BPPTKG.


Informasi mengenai semburan awan panas dicuitkan Jumat (8/3), pukul 00.17 WIB. Dalam cuitan tersebut dijelaskan Awan panas meluncur dari puncak gunung dalam waktu 130 detik ke arah hulu Kali Gendol pada pukul 23.30 WIB, Kamis (7/3).


BPPTKG menjelaskan jarak luncur masih dalam kategori aman rekomendasi. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang karena jarak luncur yang terbilang masih aman.


Sebelumnya BPPTKG juga melaporkan aktivitas serupa terjadi di puncak Gunung Merapi, kemarin siang. Adapun awan panas guguran siang kemarin berdurasi 97 detik dengan jarak luncur 1 kilometer. Berdasarkan pengamatan BPPTKG awan panas guguran mengarah ke tenggara.



(aud/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed