Lawan Hoaks Jokowi, Mantan Menteri SBY Luncurkan Jokorner App

Sudrajat - detikNews
Kamis, 07 Mar 2019 16:13 WIB
Erman Suparno dan Sidarto Danusubroto (Foto: Dok. Erman Suparno)
Jakarta -

Kelompok Relawan Jokowi (ReJO) meluncurkan aplikasi Jokorner untuk melawan serbuan hoaks yang kerap menerap pasangan capres petahana Jokowi dan KH Ma'ruf Amin. Apilkasi ini juga menjadi semacam wadah pemersatu jaringan relawan Jokowi-Amin.

Menurut Penggagas sekaligus Ketua Dewan Penasehat ReJO Erman Suparno, Jokorner menyediakan konten-konten berdimensi optimistik tentang Jokowi yang dinilainya sebagai sosok pekerja keras. Jokorner akan mengapresiasi kinerja para relawan Jokowi-Amin. Dalam aplikasi itu para relawan akan masuk ke level yang sesuai dengan kontribusinya terhadap pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

"Ini merupakan applikasi dua arah, sehingga menjadi wadah komunikasi, informasi dan juga media apresiasi bagi para relawan Jokowi yang berkontribusi dan aktifitasnya di jokorner app, sesuai dengan level apresiasi yang diberikan kepada relawan," papar Erman saat menghubungi detikcom, Kamis (7/3).

Peluncuran aplikasi, lanjut Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu, dilakukan di Gedung Cyber 1, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Hadir dalam kesempatan itu antara lain mantan Ketua MPR Sidarto Danusubroto, mantan Menteri Kelautan Fredy Numberi, dan mantan Dubes RI untuk Praha, Aulia Rahman.

Sidarto yang merupakan pengarah Tim Kampanye Nasional menilai aplikasi ini sebagai investasi luar biasa dalam membantu Jokowi-Ma'ruf melawan isu fitnah, hoaks, ujaran kebencian yang mengemuka dengan sangat massif.

Purnawirawan polisi bintang dua yang pernah menjadi ajudan Bung Karno itu mengaku mengenal Jokowi sejak menjabat Wali Kota Solo. Sejak dulu hingga kini sosoknya dan keluarga tetap bersahaja. "Dia orang baik, kita butuh sosok seperti dia sekarang ini," kata Sidarto.



(jat/jat)