DetikNews
Kamis 07 Maret 2019, 15:23 WIB

Ramai Foto Banjir Rendam Motor Disebut di Jakarta, Faktanya di Vietnam

Tim detikcom - detikNews
Ramai Foto Banjir Rendam Motor Disebut di Jakarta, Faktanya di Vietnam Foto: Foto viral banjir disebut di Jakarta (Screenshot situs berita Cong An)
Jakarta - Dalam beberapa hari terakhir, beredar foto banjir hingga motor terendam yang disebut terjadi di Jakarta. Faktanya, foto itu berasal dari luar negeri.

Foto yang beredar memperlihatkan deretan motor hanya terlihat stangnya saja karena terendam banjir. Di Facebook hingga Twitter, foto itu disertakan dengan keterangan di Jakarta.

"Hujan di Indonesia tdk bisa di prediksi & kondisi Jakarta sebagai ibukota negara dalam kondisi seperti ini? Bahagiakah warga Jakarta & Indonesia dgn pemandangan ini? Kembalikan China itu ke jabatannya biar dia urus banjir ini. Ahok itu pekerja bukan seperti Anies jadi tuan," tulis pemilik akun Twitter @Ana****ina

"Orang Jakarta mah hebat..., kalau parkir motor di sungai... Gubernurnya canggih!🤭🤭🤭🤭😁😊," tulis pemilik akun @A**or**pru**.



Foto itu juga diunggah di Page Facebook Ka***ita. "Orang Jakarta pada canggih euy.... Mainannya DRONE kapal-kapalan NB: Foto puluhan drone kapal, lagi sandar di sungai GABENER, buat merasakan SENSASI nya," demikian keterangannya.

Sebenarnya, foto itu sudah pernah dimuat di situs berita Vietnam pada 21 Juli 2018 lalu. Foto tersebut ditampilkan bersama berita berbahasa Vietnam tentang banjir di provinsi Phu To.

Banjir di Phu To tersebut mengakibatkan sejumlah orang tewas dan hilang serta rumah-rumah rusak. Selain foto motor terendam, situs berita itu juga menampilkan foto mobil dan rumah kebanjiran.


Tonton juga video Mengarungi Dahsyatnya Banjir Bandung dari Atas Perahu:

[Gambas:Video 20detik]


(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed