detikNews
Rabu 06 Maret 2019, 22:43 WIB

Jokowi Desak-desakan Naik KRL, Fahri Hamzah: Ya Ini Kan Musim Kampanye

Herianto Batubara - detikNews
Jokowi Desak-desakan Naik KRL, Fahri Hamzah: Ya Ini Kan Musim Kampanye Jokowi naik KRL (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore tadi berdesak-desakan naik KRL saat pulang ke Bogor, Jawa Barat, setelah melaksanakan sejumlah agenda kerja. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai apa yang dilakukan Jokowi ini konteksnya kampanye.

Fahri mengatakan, meski berdesak-desakan dengan penumpang KRL, Jokowi dia yakini aman. Sebab, Paspampres pasti melakukan pengamanan maksimal terhadap kepala negara.


"Pasti aman. Semua perjalanan Presiden itu ada UU dan aturannya. Ada protokolernya. Kalau dilanggar, bisa kena hukum. Dalam keadaan cuti pun pengamanan maksimal. Terbuka dan tertutup," kata Fahri kepada detikcom, Rabu (6/3/2019).

Wakil Ketua DPR Fahri HamzahWakil Ketua DPR Fahri Hamzah (Tsarina/detikcom)

Meski demikian, Fahri memandang aksi Jokowi naik KRL tersebut tak lebih dari sekadar pencitraan menjelang Pilpres 2019. "Ini konteksnya kampanye, seperti Pak Sandi masuk pasar," ujarnya.


"Ya ini kan musim kampanye. Hampir 5 tahun tinggal di Bogor kan baru sekarang (naik KRL)," sambung Fahri.

Ada masyarakat yang berpandangan aksi Jokowi ini bagus untuk kampanye agar masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum. Namun, menurut Fahri, jika transportasi umum sudah baik, masyarakat secara otomatis akan pindah tanpa disuruh.

"Transportasi umum itu kalau ada dan nyaman, orang otomatis pindah. Tapi kalau desakan kayak gitu, siapa yang mau pindah kecuali untuk media," ucapnya.
(hri/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed