detikNews
Rabu 06 Maret 2019, 11:28 WIB

JK: Pemerintah Ingin Batasi Kirim ART ke Luar Negeri

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
JK: Pemerintah Ingin Batasi Kirim ART ke Luar Negeri Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan pemerintah saat ini berusaha membatasi pengiriman asisten rumah tangga (ART) ke luar negeri. JK mengatakan pengiriman ART tersebut berkaitan dengan martabat bangsa.

"Kita selalu ingin membatasi karena juga martabat bangsa. Tidak lagi mengirim tenaga-tenaga rumah tangga untuk bekerja di luar negeri," kata JK saat membuka Kongres Asosiasi Pendidikan Masyarakat Indonesia (Apenmasi) di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019).




JK mengingatkan pentingnya memajukan mutu pendidikan untuk meningkatkan keahlian masyarakat dalam bekerja. Oleh karena itu, dia meminta semua pihak ikut membantu dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

"Karena itu dapat kita jelaskan bahwa pendidikan kemasyarakatan ini dapat meningkatkan kemampuan, sehingga tak timbul diskriminasi akibat pendidikan," ucapnya.

JK mengatakan masih banyak ketimpangan anak-anak usia sekolah untuk mendapatkan akses pendidikan yang layak. Salah satunya karena terkendala kondisi geografis Indonesia yang berupa kepulauan dalam memberikan akses pendidikan tersebut.

"Tentu mempunyai masalah-masalah yang banyak. Apalagi negara kita negara kepulauan, menambah pula masalah masalah itu yang harus kita selesaikan bersama-sama," ujar JK.




JK juga mengingatkan pentingnya pemberdayaan guru untuk meningkatkan kompetensinya. Dia mengatakan guru juga harus terus meningkatkan kemampuannya untuk memberikan pendidikan yang maksimal ke anak.

"Kalau guru di desa tidak diajarkan ilmu maka ilmunya akan stagnan. Apabila stagnan ilmu maka muridnya akan stagnan. Apabila muridnya stagnan maka lapangan kerjanya akan stagnan," ucapnya.
(fdu/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed