DetikNews
Sabtu 23 Februari 2019, 14:37 WIB

Kapolri: Aceh Sudah Aman di Mata Jakarta

Agus Setyadi - detikNews
Kapolri: Aceh Sudah Aman di Mata Jakarta Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Banda Aceh - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan kondisi Aceh saat ini masuk kategori aman dan kondusif. Beberapa event besar, termasuk Pilkada Serentak 2017, berlangsung tanpa gangguan.

"Tadi saya sudah sampaikan Aceh sudah masuk dalam kategori aman dalam pandangan Jakarta. Kenapa, karena semua event-event besar yang berlangsung di Aceh semua berlangsung dengan baik. Baik event olahraga, seni, budaya, event-event program pemerintah, semua berlangsung dengan baik," kata Tito di Mapolda Aceh di Banda Aceh, Sabtu (23/2/2019).

Tito berkunjung ke Banda Aceh untuk meresmikan dua gedung dan peletakan batu pertama pembangunan dua gedung di Mapolda Aceh. Pembangunan itu sebagian mendapat dana hibah dari pemerintah Aceh.

Menurut Tito, Pemprov serta masyarakat Aceh mengharapkan jaminan rasa aman, terutama pascakonflik. Jika terjadi gangguan keamanan, program pembangunan yang dicanangkan pemerintah bakal terhambat.

"Untuk itulah kita, kami, Polri, mempunyai tanggung jawab moril dengan adanya dukungan ini kita akan tingkatkan pelayanan keamanan yang lebih baik," jelas Tito.

"Tentunya bersama stakeholder lain bersama Pangdam, Danlanal, Danlanud kemudian segenap unsur masyarakat dan pemerintah, kita jaga Aceh agar tetap aman," ungkap Tito.

Jenderal bintang empat itu menambahkan Aceh sudah aman juga terlihat saat kontestasi Pilkada Serentak 2017 dan 2018. Saat pesta demokrasi lima tahunan itu berlangsung, tidak terjadi gangguan serta berjalan aman dan lancar.

Meski demikian, selama ini masih ada beberapa kasus, seperti perampokan, penembakan, dan kekerasan. Namun hal itu rata-rata terjadi karena motif ekonomi dan bukan politik.

"Masih ada gangguan-gangguan keamanan yang (terjadi) tapi masih bisa dalam batas yang bisa kita kendalikan. Tidak mengganggu program-program pemerintah maupun membuat masyarakat berhenti kegiatannya," beber Tito.

Tito berharap, saat pilpres pada April mendatang, kondisi Aceh tetap aman. Masyarakat dan semua unsur diminta menjaga keamanan serta merawat perdamaian. "Kita harus memiliki spirit sama-sama menciptakan Aceh yang aman dan damai," ungkap Tito.
(agse/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
>