DetikNews
Jumat 22 Februari 2019, 17:25 WIB

Fahri Bela Fadli soal Salam 2 Jari di Munajat 212: Itu Main Gimik

Yulida Medistiara - detikNews
Fahri Bela Fadli soal Salam 2 Jari di Munajat 212: Itu Main Gimik Duo Wakil Ketua DPR, Fadli Zon dan Fahri Hamzah (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah membela koleganya, Fadli Zon, yang kedapatan berpose 2 jari dalam acara Munajat 212. Namun, menurut Fahri, apa yang dilakukan Fadli tidak melanggar aturan pemilu.

"Setahu saya, yang nggak boleh itu ajakan lalu menyebut nama calon," ucap Fahri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (22/2/2019).

"Kalau menyebut nomor apa, nggak (melanggar aturan). Permainan simbolik ya. Semalam itu, misalnya, Pak Kiai bilang, 'Tes... tes... 01 atau 02,' dua orang teriak kan," imbuhnya.




Selama tidak ada ajakan untuk memilih salah satu kandidat, menurut Fahri, tidak ada masalah menunjukkan simbol-simbol. Dia menyebut apa yang terjadi di Munajat 212 tidak dapat dikategorikan pelanggaran dalam pemilu.

"Itu kan permainan gimik. Sebenarnya dalam skala itu dibilang permainan yang halus," ucap Fahri.

"Yang bermasalah itu misalnya ada ajakan seperti marilah kita coblos pasangan nomor 01, Bapak Jokowi-Ma'ruf, atau marilah kita coblos Prabowo-Sandi. Itu adalah kalau di forum nonkampanye itu nggak bagus," imbuhnya.

Fahri menilai permainan simbol saat tahun politik seperti ini tidak bisa dihindari. Dia menyebut aturan yang harus ditegakkan adalah kampanye-kampanye yang vulgar.

"Yang perlu diatur adalah yang tidak simbolik, yang kasar yang vulgar, karena konotasi kampanye itu ya harus vulgar, kalau samar ya bukan kampanye namanya," ujarnya.




"Saya lihat semalam itu relatif halus, yang vulgar itu saya liat di beberapa daerah, termasuk yang melakukan misinformasi oleh pejabat, misalnya yang bilang nggak milih pemerintahan sekarang padahal nikmati dana desa berarti laknat, nah itu nggak bisa kalimat itu, karena dana desa adalah karya dari UU karya dari pemerintah," imbuh Fahri.

Dalam acara Munajat 212, yang digelar di Monas semalam, Fadli datang bersama Fahri. Fadli tampak berpose salam 2 jari saat berada di dalam mobilnya ketika tiba di lokasi acara.


Simak Juga 'Peserta Munajat 212 Bubar Sambil Lafalkan Selawat':

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed