DetikNews
Jumat 22 Februari 2019, 13:37 WIB

TNI AU Gagalkan Penyelundupan 2,6 Kg Sabu

Raja Adil Siregar - detikNews
TNI AU Gagalkan Penyelundupan 2,6 Kg Sabu Foto: Robby Bernardi/detikcom
Palembang - Personil Pangkalan TNI AU Sri Mulyono Helambang (SMH) bersama Avsec bandara SMB Palembang mengagalkan upaya penyelundupan 2,6 Kg sabu. Seorang tersangka, Eka Candra diamankan.

"Benar kami ada mengamankan sabu 2,6 Kg di bandara. Ada satu orang tersangka kami amankan juga," kata Danlanud SMH Palembang, Kolonel Pnb Heri Sutrisno saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Jumat (22/2/2019).

Dikatakan Heri, sabu itu diamankan saat tersangka Eka Candra membawa barang mencurigakan saat masuk bandara. Dari hasil pemeriksaan, tim menemukan sabu sekitar 650 gram, Kamis (21/2) sekitar pukul 10.30 WIB.

Tidak berhenti disitu, tim gabungan pun langsung mengintorgasi Candra. Pada petugas warga Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat ini mengaku hanya kurir dan menerima upah Rp 10 juta dari seorang bernama Heriyanto.

"Berdasarkan laporan petugas Avsec dan temuan awal, kami duga masih ada yang lain. Malam itu saya minta personil untuk menyusuri semua lokasi di bandara SMB II Palembang. Hasilnya ditemukan sabu sebanyak 3 koli di toilet laki-laki di lantai 2," imbuh Heri.

Sabu itu, lanjut Heri, akan dibawa Candra dengan pesawat Lion Air dari Palembang menuju Palu di Sulawesi Tengah. Saat ini Candra ditahan atas kepemilikan barang haram berupa sabu.

Untuk pengambangan kasusnya, Satpom Lanud SMH langsung menyerahkan pada pihak kepolisian. Semua barang bukti dan tersangka pun langung dibawa guna pemeriksaan lebih lanjut.



(ras/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed