detikNews
Kamis 21 Februari 2019, 17:52 WIB

Pemadaman Kebakaran Hutan di Riau Terkendala Angin Kencang

Tim detikcom - detikNews
Pemadaman Kebakaran Hutan di Riau Terkendala Angin Kencang Ilustrasi Kebakaran hutan di Riau. (Chaidir/detikcom)
Pekanbaru - Tim gabungan hingga kini terkendala angin kencang untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau. Embusan angin yang kencang membuat api cepat menyebar.

"Daerah ini berada di tepi laut, jadi angin sangat kencang. Ini membuat kebakaran sulit dipadamkan dan makin meluas. Sekarang ini kebakaran sudah terjadi di wilayah semua desa di Kecamatan Rupat," kata Kepala Kepala Daerah Operasi (Kadaops) Manggala Agni Dumai, Jusman, ketika dihubungi Antara dari Pekanbaru, Kamis (21/2/2019).


Jusman mengatakan, Karhutla sudah meluas di enam desa di Kecamatan Rupat, yakni Pergam, Perpul, Teluk Leca, Sri Tanjung, Gumen, dan Sukarjo Mesin.

Ia mengatakan luas lahan gambut yang terbakar belum bisa dipastikan, tapi diperkirakan sudah mencapai ratusan hektare (ha).


"Karena angin kencang ketika kita memadamkan di sini, timbul di sebelah sana. Luas kebakaran diperkirakan sudah mencapai ratusan hektare, katanya.

Manggala Agni adalah unit khusus pemadam kebakaran di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Manggala Daops Dumai terdiri dari 60 personel, yang wilayah tugasnya meliputi Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, dan Rokan Hilir. Rupat adalah nama pulau yang masuk wilayah Kabupaten Bengkalis.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed