DetikNews
Kamis 21 Februari 2019, 10:46 WIB

Bersih-bersih Pantai di Anyer, 1,6 Ton Sampah Terangkut

Muhammad Iqbal - detikNews
Bersih-bersih Pantai di Anyer, 1,6 Ton Sampah Terangkut Foto: muhammad iqbal/detikcom
Jakarta - Aksi bersih-bersih sampah di Pantai Anyer, Banten, dilakukan masyarakat dan aparat gabungan TNI-Polri. Sebanyak 1,647 ton sampah dikumpulkan.

Akai bersih-bersih itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019. Sampah itu dikumpulkan dari pesisir pantai sepanjang 2 km. Sampah 1 ton lebih itu terdiri dari berbagai jenis sampah, dari sampah plastik hingga kayu dan dedaunan.
Berbagai sampah diangkut mulai dari sampah plastik hingga dedaunan.Berbagai sampah diangkut, dari sampah plastik hingga dedaunan. (muhammad iqbal/detikcom)


"Tujuan kami, pertama, untuk membersihkan sampah di pesisir, tapi lebih fokus lagi pada sampah-sampah plastik yang tidak bisa terurai," kata Direktur Polairud Polda Banten Kombes Nunung Syaifuddin, Kamis (21/2/2019).

Anyer dipilih sebagai lokasi HPSN, sekaligus untuk membangkitkan pariwisata di Anyer dan Carita. Mengingat, Anyer belum sepenuhnya pulih pascatsunami Selat Sunda.

"Di mana Anyer merupakan salah satu wilayah yang terdampak tsunami dan kunjungan ke wilayah Anyer-Carita menurun drastis," ujarnya.

Sampah di bawah laut juga dibersihkan personel gabungan TNI/Polri.Sampah di bawah laut juga diangkut personel gabungan TNI/Polri. (muhammad iqbal/detikcom)

Selain di Anyer, Polairud Polda Banten mengirim tim penyelam ke Pulau Sangiang untuk mengangkut sampah bawah laut. Penyelam fokus pada sampah plastik yang ada di bawah laut.

"Kegiatan ini tidak hanya di Pantai Anyer saja, tapi tadi ada satu tim penyelam yang kami kerahkan ke laut Pulau Sangiang," tuturnya.
(aan/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed