DetikNews
Minggu 17 Februari 2019, 08:46 WIB

2.900 Personel Polri Siap Amankan Debat Capres Kedua

Ibnu Hariyanto - detikNews
2.900 Personel Polri Siap Amankan Debat Capres Kedua Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Foto: Audrey Santoso-detikcom)
Jakarta - Polisi menyiapkan pengamanan saat berlangsungnya debat capres kedua. 2.900 personel dikerahkan untuk mengamankan debat kedua itu.

"Pengamanan debat Polda Metro Jaya telah menyiapkan pengamanan. Jumlah personel yang dilibatkan ada 2.900 personel," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo saat dihubungi, detikcom, Sabtu (16/2/2019) malam.



Dedi menjelaskan pengamanan dari Polri dibagi menjadi beberapa ring. Dalam proses pengamanan, Polri akan bersinergi dengan Paspampres.

"Ring 1 itu jatahnya Paspamres karena di situ masih ada Presiden. Ring 2 tanggung jawab Polri dan gabungan, Ring 3 itu full tanggung jawab Polri karena itu masuk dalam pengaturan tempat parkir lokasi, di luar gedung maupun Pam jalur," tambah Dedi.



Selain itu, Dedi mengatakan Polri juga menyiapkan tim escape hingga tim sterilisasi lokasi. Menurutnya, lokasi debat akan dilakukan sterilisasi sebanyak 2 kali. Hal itu untuk memastikan lokasi debat benar-benar aman.

"Sterilisasi itu dilakukan dua kali. Minimal 12 jam sebelum kegiatan, kemudian 2 jam sebelum kegiatan itu sudah harus clear untuk mengatisipasi kemungkinan yang terjadi di lokasi dan itu sudah diantisipasi dengan baik," sebut Dedi.

Debat capres kedua digelar di Hotel Sultan, Minggu (17/2). Ada 6 segmen debat, salah satunya tanya jawab capres lewat film/video yang diputar terkait tema debat.


Simak juga video 'Bukan Contekan, Tapi Prabowo akan Bawa Catatan di Debat Kedua':

[Gambas:Video 20detik]


(ibh/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed