DetikNews
Sabtu 16 Februari 2019, 04:28 WIB

Para Dubes Asia akan Gelar Dialog Promosikan Deklarasi Abu Dhabi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Para Dubes Asia akan Gelar Dialog Promosikan Deklarasi Abu Dhabi (Foto: Istimewa)
Jakarta - Para Dubes Asia untuk Takhta Suci Vatikan berencana untuk menggelar seminar internasional mengundang para pejabat di Vatikan, akademisi dan para pemangku kepentingan lainnya. Acara itu digelar menyusul ditandatanganinya Deklarasi Abu Dhabi oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar, Ahmad Al-Tayyeb pada 4 Februari 2019.

"Deklarasi Abu Dhabi merupakan dokumen mengenai 'Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama' (Human Fraternity for World Peace and Living Together) yang ditandatangani oleh Paus dalam rangkaian kunjungan bersejarah ke Uni Emirat Arab pada 3-5 Februari 2019," dalam siaran pers KBRI Vatikan yang diterima detikcom, Jumat (15/2/2019).



Deklarasi Abu Dhabi ini menekankan atas pentingnya kesadaran terhadap rekonsiliasi dan persaudaraan di antara semua umat beragama dan peningkatan nilai-nila toleransi. Deklarasi itu juga berisi penolakan terhadap penggunaan agama untuk kekerasan dan esktremisme.

"Menyikapi hal tersebut, para Dubes Asia yang tergabung dalam Asian Ambassadors to the Holy See melihat perlunya diselenggarakan seminar berupa interreligious dialogue guna mempromosikan Deklarasi Abu Dhabi dan merefleksikan pandangan negara-negara di Asia terhadap Deklarasi tersebut," imbuhnya.



Anggota grup Asia saat ini berjumlah 13 negara yang terdiri dari Australia, China, Filipina, Indonesia, Iran, Irak, Jepang, Korea Selatan, Lebanon, Malaysia, Mesir, Timor Leste, dan Turki. Para Dubes juga berencana untuk melakukan kunjungan ke kantor Pontifical Council for Interreligious Dialogue Vatikan guna mendapatkan penjelasan rinci mengenai deklarasi tersebut sebelum melaksanakan interreligious dialogue.
(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed