Kabar Kusut Tanggal Pernikahan Ahok-Puput

Muhammad Fida Ul Haq, Indra Komara - detikNews
Jumat, 15 Feb 2019 21:31 WIB
Foto: Antara Foto/HO/Tim BTP/sgd
Jakarta - Pernikahan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan Puput Nastiti Devi masih tanda tanya. Ahok-Puput sempat dikabarkan menikah pada 15 Februari 2019, tapi hingga saat ini tidak terkonfirmasi.

Kabar kusut mengenai tanggal pernikahan Ahok-Puput dimulai pada akhir Januari 2019. Saat itu ada perbedaan pernyataan dari dua pihak keluarga soal tanggal menikah Ahok-Puput.

Adik Ahok, Fifi Lety Indra, menyatakan tidak ada kegiatan apa pun di keluarga mereka pada hari itu.

"Jadi kami tegaskan tidak ada acara atau kegiatan apapun di keluarga kami pada tgl 15/2," tulisnya di Instagram, Sabtu (19/1/2019).



Sementara itu, bude Puput yang tinggal di Nganjuk, Jawa Timur, Sunarwatik (59), tidak membantah kabar pernikahan keponakannya dengan Ahok. Watik mengaku mendengar kabar itu dari ayah Puput.

Namun Watik juga tak berani memastikan keponakannya akan menikah dengan Ahok pada 15 Februari. Menurutnya, ayah Paput hanya meminta didoakan.

"Kalau saya tanya si Yono (ayah Puput) tidak membantah dan tidak menggunakan iya. Hanya minta doakan yang terbaik tanggal 15," terang Watik.



Isu pernikahan Ahok sejak itu kian berkembang. Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Depok, Jawa Barat, tempat Puput tinggal, sempat menyatakan pernikahan Ahok-Puput digelar di Menteng, Jakarta Pusat.

"Di Jakarta Pusat, di tempat kondangan, nggak disebutin di rumah atau gedung apa, cuma di Menteng, Jakarta Pusat. Kayaknya di Disdukcapil Menteng deh," jelas Lurah Pasir Gunung Selatan Aslih Sinten kepada detikcom, Kamis (24/1).

Kabar pernikahan Ahok-Puput juga ternyata dinanti oleh Dukcapil Jakarta Pusat. Sebab, Ahok-Puput harus tercatat dalam data kependudukan sebelum menikah di Menteng.

Namun Kepala Suku Dinas (Sudin) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Pusat Remon Mastadian mengaku belum menerima pendaftaran Ahok untuk menggelar pernikahan.

"Justru terakhir kami konfirmasi ke Kecamatan Menteng belum ada. Sudin Dukcapil Jakpus juga belum ada," kata Remon saat dihubungi, Rabu (13/2).



Remon menjabarkan normalnya pasangan calon suami-istri yang akan menikah harus mendaftar ke Dukcapil 10 hari sebelum hari pernikahan. Sebab, nama calon pengantin harus diumumkan di papan pengumuman kantor pencatatan sipil.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, yang sempat mendapat informasi tentang pernikahan Ahok-Puput digelar pada 15 Februari 2019, pun kini tak bicara banyak. Bahkan dia mengatakan pernikahan Ahok pada 15 Februari keliru.

Prasetio enggan menjawab ketika ditanya soal kepastian waktu pernikahan Ahok-Puput.

"Udahlah nggak usahlah, kalau Ahok sama laki-laki, baru (ditanya)," kata Pras di DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (15/2).



Pada kesempatan itu, pria yang menjabat Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin tersebut memastikan Ahok-Puput tidak menikah pada 15 Februari. Dia mengatakan tidak ada undangan pernikahan Ahok hari ini.

"Tidak ada undangannya," singkat Pras. (idn/dhn)