detikNews
Jumat 15 Februari 2019, 15:16 WIB

Polri Siapkan Pengamanan Kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Polri Siapkan Pengamanan Kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Audrey Santoso/detikcom)
Jakarta - Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Muhammed Bin Salman (MBS) dijadwalkan berkunjung ke Indonesia bulan ini. Polri pun sudah menyiapkan pengamanan untuk MBS.

"Sudah dilakukan persiapan-persiapan komprehensif. Polda Metro bekerja sama dengan Kodam dan Paspampres karena ini tamu kenegaraan yang tugasnya kepolisian dalam hal ini juga melakukan pengamanan VIP," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (15/2/2019).


Dedi mengatakan ada 307 personel Polri yang dilibatkan dalam pengamanan nanti. Mereka ditugaskan mengamankan objek kunjungan dan mengatur lalu lintas.

"Personel yang dilibatkan kurang-lebih ada 307 personel. Dibagi menjadi beberapa satgas, satgas intelijen, satgas Sabhara, Brimob, Lalu Lintas," ujarnya.

Pengamanan itu nantinya akan dibagi menjadi empat ring. Polri hingga kini belum menerima permintaan khusus dari pihak keamanan Saudi.

"Ring satunya dalam hal ini pihak Kodam Jaya, Polri dalam hal ini di ring 2, 3, dan 4. Diminta atau tidak itu merupakan satu kewajiban sebuah negara yang jadi sasaran dikunjungi oleh tamu negara itu," ucapnya.


Indonesia menjadi salah satu tujuan rangkaian kunjungan MBS ke sejumlah negara di Asia Selatan hingga Asia Tenggara. Jubir Wapres Hussain Abdullah mengatakan MBS dijadwalkan tiba pada 18 Februari.

"Rencananya tiba tanggal 18 Februari malam, tanggal 19 Februari pagi acara bilateral dengan Presiden," kata Jubir Hussain saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu malam (13/2).

Pertemuan dengan Presiden Jokowi nantinya akan ditutup dengan makan siang. Kemudian, di sore harinya, MBS dijadwalkan menghadiri acara dengan Wapres Jusuf Kalla.

"Sore diterima Wapres dan bersama membuka forum bisnis di Jakarta," imbuh pria yang akrab disapa Ucheng itu.
(abw/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed