DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 18:53 WIB

Jokowi Ingin Anak Penerima PKH Bisa Jadi Presiden RI

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Ingin Anak Penerima PKH Bisa Jadi Presiden RI Presiden Joko Widodo (Ray Jordan/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tujuan program Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dari pemerintah untuk pemenuhan gizi dan pendidikan anak. Dia pun berharap program itu bisa meningkatkan kualitas SDM Indonesia hingga ada yang bisa menjadi Presiden RI.

Jokowi mengatakan, untuk 2019, pemerintah menyiapkan anggaran PKH dan BPNT sebesar Rp 34,4 triliun. Nilai ini naik berkali lipat dari sebelumnya tahun 2018, yakni sebesar Rp 19,2 triliun.

"Anggaran ini sudah sejak awal diperuntukkan berkaitan pendidikan. Kedua, gizi anak," kata Jokowi saat penyaluran PKH dan BPNT di Depok, Jawa Barat, Selasa (12/2/2019).


Dalam acara penyerahan itu, Jokowi sempat melihat langsung beberapa penerima mengecek saldo. Terlihat saldo yang tertera di tabungan sebesar Rp 1.500.000.

Jokowi mengatakan jumlah Rp 1.500.000 itu baru tahapan pertama yang masuk pada Januari 2019. Dia mengatakan masih ada pencairan selanjutnya pada April, Juli, dan Oktober.

"Nanti ada tahapan kedua. Jumlahnya bisa 2-3 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Banyak seperti itu karena sekarang pakai indeks bantuan sosial. Ibu hamil ada hitungan, anak usia dini, SD, SMP, SMA ada hitungannya," katanya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat bercerita soal masa kecilnya saat harus digusur karena rumahnya di bantaran sungai di Solo. Dia dan orang tuanya pun sempat menumpang tinggal di rumah adik ibunya.


Lewat program tersebut, Jokowi berharap anak-anak bisa hidup sehat dan mampu bersekolah hingga jenjang pendidikan tinggi. Tujuannya agar terbebas dari kesusahan.

"Sehingga saya ingin anak-anak ibu semuanya kalau anaknya sehat, pintar, anaknya sekolah setinggi-tingginya jangan ada anaknya takut bermimpi jadi menteri, jadi presiden. Bisa, insyaallah," ujar Jokowi.

Jokowi berpesan agar penerima PKH benar-benar memanfaatkan bantuan itu untuk peningkatan gizi anak. Dia mengatakan tidak ada yang tidak mungkin kalau orang tua bercita-cita dan bekerja keras.

"Boleh bermimpi, boleh bercita-cita, kenapa tidak. Orang tua saya dulu juga hidup di pinggir kali kena gusur. Alhamdulillah bisa menjadikan saya, membesarkan saya, menyekolahkan saya meskipun pontang-panting. Itulah tugas orang tua," kata Jokowi.
(jor/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed