detikNews
Minggu 10 Februari 2019, 12:46 WIB

Foto Sandiaga Takziah Berbaju Jogging Viral, BPN Beri Penjelasan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Foto Sandiaga Takziah Berbaju Jogging Viral, BPN Beri Penjelasan Sandiaga Uno melakukan takziah pakai baju jogging. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Foto cawapres Sandiaga Uno bertakziah ke mantan Kapolri Jenderal Awaloedin Jamin menggunakan pakaian olahraga beredar di media sosial. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga memberikan penjelasan terkait peristiwa yang terjadi pada 31 Januari lalu itu.

Foto yang viral itu memperlihatkan Sandiaga yang mengenakan kaus berwarna biru, dengan celana pendek hitam yang dipadukan legging dan berkaus kaki. Eks Wagub DKI Jakarta itu tampak tengah berbincang dengan seorang pria di depan jenazah almarhum Jenderal Awaloedin.

Juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade, mengatakan cawapres nomor urut 02 itu tak bermaksud tidak menghormati sang jenderal. Saat itu kondisi yang serba mendadak memaksa Sandiaga untuk melayat dengan menggunakan baju olahraganya saja.

"Bang Sandi waktu itu lagi lari lewat depan rumah almarhum. Kebetulan Bang Sandi rute larinya lewatin rumah Pak Awaloedin. Terus Bang Sandi dipanggil sama omnya, Prof Arief Rachman disuruh ikut masuk baca Al-Fatihah dulu. Jadi sangat mendadak dan nggak terencana. Di situ posisinya Bang Sandi nggak bawa baju koko atau baju ganti dan juga nggak bawa mobil karena kan niatnya lari. Jadi terpaksa pakai baju olahraganya," ujar Andre saat dimintai konfirmasi, Minggu (10/2/2019).

(Keterangan di atas diubah pukul 16.20 WIB. Andre merevisi keterangannya. Kini dia telah mendapatkan keterangan lebih lengkap dan detail soal alasan Sandiaga memakai kostum jogging saat takziah. Sebelumnya Andre menyatakan Sandiaga tahu kabar duka itu mendadak, lalu bergegas ke rumah duka meski masih berbaju jogging)


Andre menegaskan Sandiaga tak pernah sedikit pun tebersit untuk melecehkan almarhum. Sejak dulu, Sandiaga sangat hormat dengan sang Jenderal.

"Nggak ada bermaksud tidak sopan. Bang Sandi sangat menghormati Pak Awaloedin," katanya.

Kendati demikian, Andre memaklumi jika foto tersebut kemudian viral dan menjadi bahan 'gorengan' rival. Mengingat saat ini merupakan tahun politik.

"Ya biasalah ya, tahun politik ya, semuanya tentu dicari-cari hal yang negatif. Digoreng sedemikian rupa, untuk mendiskreditkan Bang Sandi. Kami maklumi saja," tutur Politikus Gerindra itu.




Simak Juga 'Persiapan Debat Kedua, Sandi Berperan Jadi Jokowi Lawan Prabowo':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed