detikNews
Sabtu 09 Februari 2019, 20:33 WIB

KPU Siap Koordinasi dengan BSSN soal Infrastruktur IT

Yulida Medistiara - detikNews
KPU Siap Koordinasi dengan BSSN soal Infrastruktur IT Arief Budiman (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mempertanyakan keamanan infrastruktur teknologi informasi (IT) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU). KPU mengaku siap berkoordinasi dengan BSSN untuk membangun sistem infastruktur itu.

"Kan kami berkoordinasi dengan berbagai pihak. KPU itu keahliannya menyelenggarakan pemilu. Keahliannya tidak membangun sistem itu. Makanya saat kita membangun sistem itu KPU bekerja sama dengan ahli," kata Ketua KPU Arief Budiman, di Hotel Sari Pan Pasific, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (9/2/2019).



Arief mengatakan pihaknya sudah mengikuti rekomendasi dari BSSN terkait infrastruktur IT. Arief mengaku KPU juga siap diaudit secara detail oleh BSSN terkait infrastruktur IT sepanjang tidak melanggar aturan.

"Kami sudah melakukan itu. Yang jelas mulai dari software, hardware, kita sudah lakukan update dan upgrade. Itu bagian cara kami perkuat sistem IT," kata Arief.



Sebelumnya, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mempertanyakan infrastruktur teknologi informasi (IT) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) aman atau tidak. BSSN mengaku bisa memberikan saran objektif mengenai keamanan Pemilu 2019.

"Nah pertanyaannya apakah KPU yang sekarang infrastruktur IT-nya aman apa nggak," kata Direktur Dekteksi Ancaman BSSN, Sulistyo, dalam diskusi Darurat Ancaman, d'Consulate Resto, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (9/2).

Kepala BSSN Djoko Setiadi mengimbau KPU mempercayakan 100% soal keamanan siber. Hal itu karena BSSN sebagai koordinator keamanan siber nasional.

"Saya melalui forum ini mengimbau pada para pejabat pemangku di KPU betul betul harus yakin 100% percaya ini kepada BSSN. Karena ya BSSN ini lah lembaga negara yang bisa kita harapkan mampu menjaga itu semua dari yang kita khawatirkan," kata Kepala BSSN, Djoko Setiadi.
(yld/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed