DetikNews
Jumat 08 Februari 2019, 19:40 WIB

Menteri Yohana Siap Undang Pihak Pro-Kontra RUU Hapus Kekerasan Seksual

Rolando Fransiscus - detikNews
Menteri Yohana Siap Undang Pihak Pro-Kontra RUU Hapus Kekerasan Seksual Yohana Yembise (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) menuai banyak perdebatan di publik. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise siap mengundang para pihak yang mendukung maupun menolak RUU tersebut.

"Oleh karena itu, saya mau melakukan itu diskusi publik lagi mengundang semua LSM, tokoh adat, tokoh agama, termasuk yang kontra saya mau undang, dan yang pro saya mau undang secara langsung," ucap Yohana di gedung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 15, Jakarta Pusat, Jumat (8/2/2019).



Menurutnya, dengan mengundang pihak yang pro dan kontra terhadap RUU PKS, mereka dapat berbicara terbuka dari hati ke hati demi kehidupan perempuan lebih baik. Lebih lanjut Yohana menjelaskan RUU PKS telah didiskusikan sebanyak sembilan kali oleh berbagai instansi. Kementeriannya pun menunggu tanggapan balik dari pihak DPR RI.

"Yang jelas, kementerian itu saya sudah menyampaikan kepada DPR melalui rapat kerja tanggapan pemerintah tentang RUU PKS, sudah dalam sidang DPR RI. Dan kami masih tunggu tanggapan balik dari DPR kepada kami. Nah, ini yang kami tunggu," ujar Yohana.

Dari RUU PKS tersebut, Yohana menilai ada beberapa pasal yang sudah ada dalam beberapa undang-undang dan KUHP.

"Ya secara umum kita melihat per pasal-pasal itu, ternyata sudah ada pasal-pasal yang bisa dimasukkan ke dalam Undang-Undang Perlindungan Anak, mungkin kekerasan dalam rumah tangga, juga kebijakan lain, undang-undang lain, termasuk KUHP," papar Yohana.



Yohana belum bisa memastikan kapan diskusi dengan para pihak yang pro dan kontra dilakukan. Dia hanya mengatakan dalam waktu dekat ini diskusi itu akan dilakukan.

"Diadakan dalam waktu dekat ini mungkin," pungkasnya.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed