DetikNews
2019/02/08 13:17:25 WIB

Ditambah Sukiman dari PAN, Wakil Rakyat Tersangka KPK Jadi 235

Haris Fadhil - detikNews
Halaman 1 dari 3
Ditambah Sukiman dari PAN, Wakil Rakyat Tersangka KPK Jadi 235 Ilustrasi KPK (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Jumlah wakil rakyat yang jadi tersangka kasus dugaan korupsi di KPK makin bertambah. Hingga kini, total anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi hingga DPRD Kabupaten/Kota yang dijerat KPK berjumlah 235 orang.

Terbaru, KPK menetapkan anggota DPR dari Fraksi PAN Sukiman sebagai tersangka kasus dugaan suap. Dia ditetapkan KPK sebagai tersangka bersama Plt Kadis PU Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf) Pemprov Papua Barat. Sukiman diduga menerima suap Rp 2,65 miliar dan USD 22 ribu untuk memuluskan pengurusan dana perimbangan pada APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegaf.




"SKM (Sukiman) diduga menerima sejumlah Rp 2,65 miliar dan USD 22.000," ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (7/2/2019).

Sebelum Sukiman, ada Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan yang juga ditetapkan KPK sebagai tersangka pada 2018. Taufik diduga menerima suap Rp 3,65 miliar dari Bupati Kebumen nonaktif Yahya Fuad terkait DAK Kebumen pada APBN-P 2016.

Masih pada 2018, KPK juga menetapkan Wakil Ketua Komisi VII saat itu, Eni Maulani Saragih. Dia ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap PLTU Riau-1. Eni, yang berasal dari Fraksi Golkar, diduga menerima suap Rp 4,75 miliar dari pengusaha Johannes B Kotjo yang juga ditetapkan sebagai tersangka.

KPK juga menetapkan eks anggota DPR Fraksi Demokrat Amin Santono sebagai tersangka kasus dugaan suap pada 2018. Amin kini telah divonis 8 tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsider 3 bulan kurungan.

Dia dinyatakan bersalah menerima suap Rp Rp 3,3 miliar yang diperolehnya dari Kadis Bina Marga Lampung Tengah Taufik Rahman dan Direktur CV Iwan Binangkit Ahmad Ghiast. Uang itu untuk mengupayakan alokasi tambahan Kabupaten Lampung Tengah dan Sumedang dalam APBN tahun 2018.




Selain keempat nama tersebut, ada juga nama-nama seperti Irman Gusman, Setya Novanto, Anas Urbaningrum, hingga M Nazarudin yang dijerat KPK sebagai tersangka. Wakil Ketua KPK Laode M Syarif pernah pula menyinggung soal para aktor-aktor politik yang seharusnya menjadi contoh dalam memberantas korupsi tetapi malah sebaliknya.

"Seharusnya yang memberi contoh itu adalah aktor-aktor politik, tetapi mereka yang merusak," ucap Syarif saat sesi diskusi selepas peluncuran Indeks Persepsi Korupsi (IPK) di KPK pada Selasa, 29 Januari lalu.

Berikut daftar lengkapnya:

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed