DetikNews
Rabu 06 Februari 2019, 11:21 WIB

Suami Teller Bank yang Tilap Uang Nasabah Rp 2,3 M Jadi Tersangka

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Suami Teller Bank yang Tilap Uang Nasabah Rp 2,3 M Jadi Tersangka Suami teller BRI yang menilap uang nasabah Rp 2,3 miliar, Rendi, menjadi tersangka. Foto: Muhammad Taufiqqurrahman/detikcom
Makassar - Daftar tersangka kasus penggelapan uang nasabah Bank BRI Rp 2,3 miliar di Makassar bertambah. Setelah Rika (28), kini suami teller Bank BRI Rendi (31) resmi ditetapkan sebagai tersangka.

"Hasil pemeriksaan kami terhadap saudara Rika bahwa ada keterkaitan dalam kasus ini seorang laki laki bernama Rendi yang juga suami Rika," kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, di Mapolda Sulsel, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Rabu (6/2/2019).


Dicky mengatakan Rendi diduga meminta kepada Rika untuk mencari uang guna memenuhi kebutuhannya. "Modusnya Rendi menelepon dan mengatakan membutuhkan uang untuk membayar pinjamannya kepada pihak lain. Karena disuruh sama suaminya, Rika melakukan kejahatan di bidang Perbankan," ujar dia.

Rendi diketahui memiliki usaha peternakan ini lalu menggunakan uang nasabah yang berjumlah Rp 2,3 miliar ini untuk kebutuhan pribadinya.


Rendi diduga meminta Rika mencari uang untuk memenuhi kebutuhan pribadinya.Rendi diduga meminta Rika mencari uang untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. Foto: Muhammad Taufiqqurrahman/detikcom

Dicky menyebut uang yang didapatkan Rika lalu diberikan kepada Rendi dalam bentuk tunai dan transfer rekening. "Jumlah uang ini dari 47 nasabah dari April hingga Desember sebanyak Rp 2,3 miliar. Uang inilah yang dia berikan kepada suaminya," ujarnya.


Atas kejahatan ini, Rendi yang terbalut baju tahanan warna oranye ini dikenai Undang-undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara dan ancaman denda Rp 10 miliar.

Sebelumnya, Rika (28) diamankan Dirkrimsus Polda Sulsel karena menggelapkan uang nasabah lebih dari Rp 2,3 miliar. Rika nekat menilap miliaran uang nasabah dengan modus slip nasabah palsu, bahkan Rika nekat memalsukan tanda tangan nasabah agar leluasa mengambil uang nasabah yang telah disetorkan pada saat mencetak buku tabungan.


Simak Juga 'Kenalin Ini Rika, Teller BRI yang Nyikat Uang Nasabah Rp 2,3 Miliar':

[Gambas:Video 20detik]



(fiq/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed