detikNews
Rabu 06 Februari 2019, 05:03 WIB

Akbar Tadjung: Dukungan Saya ke Jokowi atas Nama Pribadi, Tapi Berpengaruh

Ray Jordan - detikNews
Akbar Tadjung: Dukungan Saya ke Jokowi atas Nama Pribadi, Tapi Berpengaruh Foto: Akbar Tadjung (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Politikus senior Partai Golkar Akbar Tandjung mendukung calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) kembali menjadi Presiden RI untuk periode kedua. Namun Akbar menegaskan dukungannya itu atas nama pribadi, bukan organisasi HMI dan KAHMI.

Dia mengatakan, dukungan yang dia sampaikan itu bukan atas nama organisasi Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI). Namun dia mengatakan, banyak anggota KAHMI yang mendukung Jokowi.

"Saya tidak bisa mengatakan begitu (atas nama KAHMI-red), tapi yang sepengetahuan saya cukup banyak dari warga KAHMI yang menyatakan dukungan ke Pak Jokowi. Tapi saya tidak menyatakan saya meresentasi, tapi saya tahu warga KAHMI juga mengatakan ke saya akan memberikan dukungan ke Jokowi. Apalagi tadi juga pas keluar bilang, 'saya setuju bang akbar, kita dukung pak Jokowi'. Ya kita sama-sama, doakan beliau sehat. Begitu aja," ujar Akbar di kediamannya di Jl Purnawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (5/2/2019).

Dia juga menegaskan, dukungan yang dia berikan bukan atas nama HMI. Apa yang dia sampaikan murni atas nama pribadi.

"Secara pribadi saya juga warga negara Republik Indonesia yang punya hak pilih. Saya menggunakan hak pilih saya, dan hak pilih saya kepada Pak Jokowi," katanya.


Dia juga mengatakan, apa yang dia pilih ini akan berpengaruh pada junior-junior di organisasinya. Untuk diketahui, Akbar merupakan alumni HMI yang kini menjadi Dewan Penasihat KAHMI. Akbar juga merupakan Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar.

"Pilihan saya akan mempengaruhi adik-adik saya atau meberikan dukungan beliau saya rasanya memang akan mempengaruhi tapi sejauh mana pengaruhnya saya tentu tidak bisa mengatakan. itu saja, tapi saya akan mempengaruhi," katanya.

Sementara itu, terkait posisinya sebagai Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar menegaskan bahwa memang sudah lama partainya meyatakan dukungan kepada Jokowi. Dia pun yakin Jokowi akan meraih kemenangan di Pilpres 2019.

"Pokoknya soal dukungan jelas, saya sebagai Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar melalui putusan rapim dan putusan munas. Munas itu instansi pengambilan keputusan tertinggi, saya juga wakil kehormatan juga menghormati, selain saya menghormati putusan, saya juga melihat memberikan keberhasilan yang cukup dirasakan kepada masyarakat. Oleh karena itu, pembangun berhasil tentu kita ingin pembangunan agar berkesinambungan," jelas Jokowi.
(jor/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com