detikNews
2019/02/04 15:40:03 WIB

Para Penantang Bermubahalah: Habib Rizieq, Ahmad Dhani hingga Buni Yani

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Halaman 1 dari 6
Para Penantang Bermubahalah: Habib Rizieq, Ahmad Dhani hingga Buni Yani Foto: Capture dari video Buni Yani menantang bermubahalah/Dok istimewa
Jakarta - Mubahalah. Sumpah ini dilontarkan sejumlah tokoh saat menegakkan kebenaran yang diyakininya. Sumpah mubahalah ini pernah diucapkan Buni Yani bahkan Habib Rizieq. Mereka menantang pihak-pihak lain untuk bermubahalah.

Mubahalah merupakan saling sumpah melaknat antara pihak yang disaksikan sejumlah saksi terhadap sebuah kebenaran yang diyakini masing-masing pihak. Sumpah tersebut harus dihadiri kedua pihak, jika tidak maka batal.
Terhangat, Buni Yani lantang menantang sumpah mubahalah. Video yang dibuat sebelum Buni Yani dibui itu bahkan viral di Media Sosial. Buni Yani dieksekusi pada Jumat 1 Februari 2019. Setelah mengurus administrasi di Kejari Depok, Buni Yani dieksekusi di Gunung Sindur.

Video berdurasi 1 menit 32 detik itu beredar di aplikasi percakapan WhatsApp. Dalam video itu, Buni Yani yang mengenakan kemeja warna putih ini duduk di sebuah kursi sofa dan menghadap persis ke kamera yang ada di depannya.
"Saya Buni Yani ingin menanggapi keputusan kasasi dari MA dan saya akan membalas keputusan kasasi tersebut dengan mubahalah. Bismillah, demi Allah saya tidak memotong, mengedit, mengubah, mengurangi, menambahkan, video Bapak Ahok yang ada di Kepulauan Seribu," ujar Buni Yani dalam video itu.

Bila berbohong, lanjut Buni Yani, maka dia minta azab segera turun. Lalu dilaknat oleh Allah, dimasukkan ke dalam neraka selamanya.
"Tetapi bila saya benar maka biarlah azab yang sama menimpa seluruh orang yang menuduh saya, termasuk buzzer, polisi, jaksa dan hakim. Mohon video ini disebarkan oleh seluruh jemaah. Biar langsung efeknya mengena," kata Buni Yani.

Sebelum Buni Yani, ini beberapa tokoh telah menantang sumpah mubahalah:
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +