DetikNews
Jumat 01 Februari 2019, 22:17 WIB

Rizal Ramli Sebut Kampanye Kebijakan Industri 4.0 Pemerintah Ngawur

Muhajir Arifin - detikNews
Rizal Ramli Sebut Kampanye Kebijakan Industri 4.0 Pemerintah Ngawur Rizal Ramli di Pasuruan, Jawa Timur (Budi Hartadi/detikcom)
Pasuruan - Ekonom Rizal Ramli kembali mengkritik kebijakan pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan Menko Maritim ini menyebut kampanye kebijakan pemerintah terkait industri 4.0 ngawur.

"Jadi saya mohon maaf, pejabat pemerintah yang mengkampanyekan industri 4.0 itu ngawur. Apa sih 4.0? Mesin dan teknologi, makin lama peranan teknologinya yang digital dan nondigital makin penting. Manusianya yang ditinggalkan," kata Rizal Ramli.

"Lo kok pemerintah Indonesia kampanye industri 4.0, di mana kekuatan utama di mesinnya, di digital power-nya. Siapa yang menguasai mesinnya, menguasai digital power-nya, dia yang kuasa. Dan kebanyakan kan perusahaan luar negeri semua," imbuhnya.



Hal itu disampaikan Rizal saat menghadiri acara 'Bincang-bincang Masalah Perburuan dan Perekonomian' di Kota Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (1/2/2019). Acara ini digelar sejumlah elemen buruh di Pasuruan.

Menurut Rizal, kebijakan ekonomi 4.0 akan menggerus lapangan kerja dan menambah jumlah penganggur. Ia ingin Indonesia mencontoh arah kebijakan industri pemerintah Jepang.

"Pemerintah Jepang, di bawah Perdana Menteri Abe, dua minggu lalu mengeluarkan kebijakan industri 5.0, yang lebih canggih, dan mengatakan 4.0 ini salah. Karena pusatnya mesin, pusatnya itu teknologi. Di Jepang itu di balik, pusatnya itu manusia. Teknologi itu membantu manusia supaya lebih nyaman, efisien, supaya lebih produktif," tandasnya.
(bdh/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed