DetikNews
Rabu 30 Januari 2019, 20:09 WIB

BRI Pastikan Nasabah Tak Dirugikan di Kasus Teller Tilap Rp 2,3 M

Ibnu Munsir, Rivki - detikNews
BRI Pastikan Nasabah Tak Dirugikan di Kasus Teller Tilap Rp 2,3 M Rika, teller Bank BRI (Ibnu Munsir/detikcom)
Makassar - Teller Bank BRI, Rika (28), ditangkap polisi karena diduga menilap uang nasabah Rp 2,3 miliar. Pihak Bank BRI menyerahkan kasus ini ke Polda Sulsel.

"Kami menyerahkan ke kepolisian dan kami menunggu penyelidikan polisi," ujar Corporate Secretary BRI Bambang Tribaroto saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (30/1/2019).

Bambang mengatakan, jika Rika terbukti bersalah, pihaknya akan memecatnya. "Kalau memang (Rika) terbukti bersalah, pasti kami PHK," imbuhnya.



Sedangkan Wakil Pimpinan Wilayah BRI Sulsel Nazaruddin mengatakan pihaknya masih mempelajari kasus ini. Dia menegaskan BRI pasti memprioritaskan kepentingan nasabah.

"Kita tegas terhadap karyawan dan nasabah tidak akan ada yang kami rugikan," ujar Nazaruddin saat dimintai konfirmasi terpisah.

Rika ditangkap seorang diri di sebuah hotel di Makassar pada Sabtu (26/1). Saat ini polisi masih memburu harta hasil kejahatan Rika untuk disita.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani mengatakan jumlah nasabah yang telah dirugikan dalam kasus ini sebanyak 47 orang dan tersangka sudah melakukan aksinya sejak April 2018 hingga awal 2019.

"Modusnya ini beragam, pertama ketika ada nasabah menyetorkan dananya, misalnya Rp 10 juta. Slip penyetoran diserahkan kepada nasabah tetap utuh Rp10 juta, tetapi slip penyetoran untuk pencatatan bank itu cuma Rp 5 juta," ujar Dicky saat jumpa pers di Mapolda Sulsel.

Berikut pernyataan resmi BRI:

1. Ybs melakukan fraud dengan modus menggelapkan tabungan nasabah, total nilai penggelapan Rp 2,3 miliar.
2. Atas kejadian tersebut, Bank BRI telah melakukan investigasi internal dan melaporkan ybs ke pihak kepolisian.
3. Polisi mengapresiasi langkah BRI yang pro aktif menghadapi situasi yang ada.
4. Bank BRI memastikan tidak ada nasabah yang dirugikan dalam kejadian ini.
5. Bank BRI tidak mentolerir (zero tolerance) atas perbuatan fraud, baik yang dilakukan pihak eksternal maupun internal.
(rvk/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed