DetikNews
Rabu 30 Januari 2019, 17:38 WIB

3 Kali Diperiksa KPK, Bupati Jepara Makin Irit Bicara

Ahmad Bil Wahid - detikNews
3 Kali Diperiksa KPK, Bupati Jepara Makin Irit Bicara Bupati Jepara Ahmad Marzuki usai menjalani pemeriksaan di KPK (Foto: Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - Bupati Jepara Ahmad Marzuki tuntas menjalani pemeriksaan di KPK untuk ketiga kalinya. Meski telah berstatus sebagai tersangka, Bupati Ahmad belum ditahan KPK.

Ahmad menyandang status tersangka karena diduga menyuap hakim Lasito yang mengadili praperadilan yang diajukannya di Pengadilan Negeri (PN) Semarang. Praperadilan itu diajukan Ahmad karena sebelumnya telah dijadikan tersangka oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah (Kejati Jateng).

Lalu apa kata Ahmad mengenai pemeriksaannya yang ketiga ini?



"Sama seperti kemarin, melengkapi saja," ucap Ahmad sembari terus berjalan ke arah mobilnya yang terparkir di depan KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (30/1/2019).

Tidak ada keterangan apa pun lagi dari Ahmad mengenai pemeriksaannya. Dia lebih irit berbicara, tidak seperti pemeriksaan sebelumnya pada Selasa (8/1) dan Senin (7/1).

Perkara yang menjerat Ahmad ini berawal dari penyelidikan KPK. Selain Ahmad, hakim yang diduga menerima suap yaitu Lasito juga sudah berstatus sebagai tersangka.




Awalnya Ahmad mengajukan praperadilan di PN Semarang untuk menguji keabsahan status tersangkanya atas kasus dugaan korupsi penggunaan dana bantuan partai politik DPC PPP Kabupaten Jepara 2011-2014. Status tersangka Ahmad itu--seperti disebutkan di atas--ditangani Kejati Jateng.

KPK menduga Ahmad ingin lolos dari status tersangka sehingga menyuap Lasito yang mengadili praperadilannya itu. KPK menduga Ahmad memberikan Rp 700 juta kepada Lasito. Hasilnya, Lasito mengabulkan gugatan praperadilan Ahmad dan menyatakan status tersangka itu batal demi hukum.

Namun kini Ahmad harus berurusan dengan hukum lagi, tapi kali ini dengan KPK karena telah menyuap hakim. Si hakim yaitu Lasito pun turut dijerat.
(abw/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed