detikNews
Rabu 30 Januari 2019, 11:27 WIB

TPM Sebut Ba'asyir Tak Layak Ditahan, Moeldoko: Aspek Hukum Harus Dipenuhi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
TPM Sebut Baasyir Tak Layak Ditahan, Moeldoko: Aspek Hukum Harus Dipenuhi Kepala Staf Presiden Moeldoko (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Tim Pengacara Muslim (TPM) dan anggota tim dokter Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) menyebut Abu Bakar Ba'asyir sudah tak pantas berada di tahanan, seperti yang direkomendasikan oleh dokter di RSCM Kencana, Jakarta Pusat. Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan Ba'asyir harus memenuhi persyaratan.

"Itu tidak bisa diputuskan dari sepihak. Ada faktor yang memenuhi persyaratan semuanya. Bukan hanya dari sisi kesehatan, tapi juga aspek hukumnya seperti apa. Pasti dari sisi aspek kemanusiaan Pak Jokowi punya concern ya. Tapi tinjauan dari aspek yang lainnya seperti apa. Harus dipenuhi dong," kata Moeldoko.


Pernyataan tersebut disampaikan Moeldoko kepada wartawan di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Rabu (30/1/2019). Dia menghadiri Rakornas Satpol PP dan Satlinmas bersama Mendagri Tjahjo Kumolo.

"Saya sudah mengatakan kalau sudah hal prinsip bernegara tidak bisa dinegosiasikan," ucapnya.

Moeldoko menyatakan, untuk bisa bebas dari tahanan, Ba'asyir harus memenuhi seluruh persyaratan. Salah satunya menandatangani surat ikrar setia kepada NKRI.

"Iya itu sebagai persyaratan yang diharuskan. Sesuatu yang dipersyaratkan. Ya itu ikutin," jelasnya.


Ba'asyir menjalani pemeriksaan kesehatan rutin di RSCM Kencana pada Selasa (29/1) kemarin. Anggota tim dokter MER-C memaparkan kondisi kesehatan Abu Bakar Ba'asyir yang disebutnya mengalami gangguan vena.

"Ada penyumbatan vena kedua kakinya, juga osteoartritis pada lutut dan sudah tipis bantalannya," kata dr Meaty setelah mendampingi pemeriksaan Ba'asyir. Menurutnya, kondisi pergelangan kaki Ba'asyir juga terganggu karena mengalami pembengkakan.

Dengan kondisi ini, dr Meaty berpendapat Ba'asyir seharusnya tak lagi berada di tahanan untuk memudahkan penanganan medis atas kondisi kesehatannya.

"Jadi menurut kami, dari pihak medis Ustaz Abu, Ustaz Abu memang dengan umur segini juga harusnya sudah home care," imbuhnya.


Saksikan juga video 'Pengacara: Yusril Tawarkan Ba'asyir Bebas Tanpa Syarat':

[Gambas:Video 20detik]


(hri/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com