detikNews
Kamis 24 Januari 2019, 08:30 WIB

Banjir Besar Sulsel: 26 Orang Meninggal, 3 Ribuan Orang Mengungsi

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Banjir Besar Sulsel: 26 Orang Meninggal, 3 Ribuan Orang Mengungsi Foto: (Dok Relawan BNPB dan BPBD)
Makassar - Jumlah korban meninggal dalam banjir dan tanah longsor di Sulsel semakin bertambah banyak. Hingga hari ini, terdata 26 orang meninggal dan 3.000 kepala keluarga mengungsi.

"Sampai saat ini data yang masuk yang kita rilis itu ada 26 orang yang meninggal," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPB) Sulsel ,Syamsibar dalam keterangan resminya di Crisis Media Center Pemprov Sulsel, Makassar, Kamis (24/1/2019).

Dia juga menyatakan bahwa hingga pukul 23.10, Rabu (23/1) malam, datang yang 3.914 kepala keluarga terdampak akibat banjir ini. Ditambahkannya, 24 Orang masih dinyatakan hilang hingga saat ini.

"Kemudian yang mengungsi di atas 3.000 dan alhamdulillah hujan sudah tidak seperti kemarin-kemarin. Intensitasnya sudah mulai menurun dan DAM Bili-bili elevasinya juga sudah turun dan berada dalam kondisi normal," jelas Syamsibar.

Upaya pertolongan masih terus dilakukan. termasuk di daerah longsor di Kabupaten Gowa. Sampai saat ini masih terus dilakukan pencarian dari berbagai unsur baik TNI Polri, BPBD, dan Basarnas.

"Kita berharap semua bisa dievakuasi. Dan ini masih dalam tahap pencarian," uujarnya

Sementara itu, hingga pukul 04.50 Wita, tinggi muka air (TMA) Waduk Bili-bili +99.45 atau berstatus normal yang sebelumnya masuk dalam kategori siaga. Tinggi bukaan pintu juga dikurangi menjadi 2.0 m.


(fiq/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com