DetikNews
Selasa 22 Januari 2019, 20:57 WIB

Daarul Qur'an Janji Bangun 1.000 Rumah untuk Korban Gempa NTB

Mega Putra Ratya - detikNews
Daarul Quran Janji Bangun 1.000 Rumah untuk Korban Gempa NTB Foto: dok Daarul Qur'an
Jakarta - Program Pembinaan Penghafal Al-Qur'an (PPPA) Daarul Qur'an berjanji akan membangun seribu Rumah Qur'an di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Seribu rumah itu dibangun untuk warga korban gempa Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Target kita membangun 1.000 Rumah Qur'an, tapi baru terealisasi 180 unit. Namun ini akan terus kami lanjutkan hingga target 1.000 rumah terwujud sampai akhir tahun 2019 ini," ujar Direktur PPPA Daarul Qur'an Tarmizi Ashidiq dalam keterangannya, Selasa (22/1/2019).


Tarmizi menyampaikan hal itu di hadapan warga saat peluncuran Kampung Quran Dasan Lekong, Desa Sigar Penjalin, Kabupaten Lombok Utara. Hingga kini, sudah ada dua Kampung Qur'an yang dibangun.

Pertama, Kampung Qur'an di Dusun Melempo, Desa Obel-obel, Kabupaten Lombok Timur, yang diresmikan pada 9 Oktober 2018. Kedua, Kampung Qur'an Dasan Lekong, Desa Sigar Penjalin, Kabupaten Lombok Utara.

Daarul Qur'an Janji Bangun 1000 Rumah untuk Korban Gempa NTBFoto: dok Daarul Qur'an

"Masyarakat Dasan Lekong adalah masyarakat terpilih. Karena siapa yang menggerakkan kaki kami hingga berada di sini pascagempa? Itu pastinya Allah SWT. Saya yakin Allah melihat sesuatu yang istimewa dari masyarakat desa ini. Insyaallah kelak akan ada anak-anak penghafal Qur'an yang menjadi pemimpin dari desa ini," tuturnya.

Sementara itu, Nasip, salah satu warga Dasan Lekong, mengaku bersyukur atas pembangunan rumah tersebut. Rumah Nasip sebelumnya hancur diguncang gempa.

"Saya nggak menyangka, tangisan dan kesedihan kami enam bulan lalu kini berganti tawa dan senyum optimis menatap masa depan," kata Nasip.


Acara peluncuran ini juga dimeriahkan oleh Rian Ekki Pradipta, yang merupakan vokalis grup band D'Masiv. Rian bahkan turut menghibur warga dengan menyanyikan hits andalannya, 'Jangan Menyerah'.

Selain Tarmizi, hadir Ketua Dewan Syariah Daarul Qur'an KH Ahmad Kosasih, Direktur Paytren Hari Prabowo, dan Direktur Rumah Tahfizh Center Agus Jumadi. Dana pembangunan Kampung Qur'an berasal dari donasi masyarakat melalui PPPA Daarul Qur'an, SedekahOnline.com, dan para mitra PayTren.
(ega/prf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed