DetikNews
Senin 21 Januari 2019, 17:15 WIB

WNA Nyelonong ke Anak Krakatau, Badan Geologi: Kami Tak Pernah Beri Izin

Matius Alfons - detikNews
WNA Nyelonong ke Anak Krakatau, Badan Geologi: Kami Tak Pernah Beri Izin Foto: Arief/detikcom
Jakarta - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan tak pernah memberi izin pendakian ke Gunung Anak Krakatau. Apalagi saat ini sudah ada imbauan larangan mendekat ke gunung tersebut di luar radius 5 kilometer.

"Kami tidak pernah memberikan izin untuk pendakian. Jangankan yang di Krakatau... Gunung Agung, Gunung Merapi yang sedang aktif, kita selalu setiap pagi memberikan info untuk tidak boleh lakukan pendakian di radius sekian," kata Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudy Suhendar di Gedung Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).


Pernyataan Rudy itu menjawab terkait adanya WNA yang nyelonong ke Gunung Anak Krakatau. Dia mengatakan seharusnya ada hukuman bagi siapa pun yang masuk ke daerah terlarang gunung tersebut.

Badan Geologi, kata Rudy, sedang mencari siapa pengantar dan pemberi izin WNA mendekat ke Gunung Anak Krakatau.

"Ya harusnya, kita lagi kajian dari sisi kami. Kalau ada apa-apa kan yang ikut tanggung jawab semuanya. Pemerintah kan, apalagi ini orang asing, pemerintah ikut tanggung jawab kalau ada apa-apa. Ini kami lagi telusuri dengan teman-teman biro hukum kami. Belum ketemu ini," jelasnya.


Soal WNA yang nyelonong ke daerah terlarang Gunung Anak Krakatau ini viral di media sosial. WNA tersebut sempat mengunggah foto-foto kondisi terbaru Gunung Anak Krakatau dari jarak dekat. Tapi setelah unggahannya tersebar, foto dan akun Twitter-nya hilang.
(idn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed