DetikNews
Senin 21 Januari 2019, 15:35 WIB

Survei Median: 45% Hanura Dukung Prabowo, 37 % PD Dukung Jokowi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Survei Median: 45% Hanura Dukung Prabowo, 37 % PD Dukung Jokowi Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

PDIP dan Gerindra menjadi partai yang paling loyal mendukung pasangan capres-cawapres yang mereka usung di Pilpres 2019. Namun ada beberapa konstituen partai koalisi, baik di kubu Jokowi-Ma'ruf Amin maupun di pihak Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yang justru mendukung pihak lawan.

Kondisi tersebut terlihat berdasarkan survei Median yang dilakukan pada 6-15 Januari 2019 terhadap 1.500 responden yang memiliki hak pilih. Survei tersebut menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error survei +/- 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95%.

"Di koalisi Jokowi, bisa kita lihat loyalitas konstituen pendukung Jokowi yang paling tinggi itu ada di PDIP 94,3%, dan yang mengalihkan dukungan itu hanya 4,8%, kecil sekali. Dibanding Golkar, misalnya, yang memilih Jokowi ada 51,3%, tapi sepertiganya (dari Golkar) memilih Prabowo. PKB 65% pilih Jokowi, tapi hampir 20% pilih Prabowo," kata Direktur Eksekutif Median Rico, Marbun, di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

"Koalisi Prabowo yang paling solid itu adalah Gerindra. Yang pilih 02 itu 87,1%, hanya 5% yang pilih Jokowi. Tapi misalnya PKS, ini ada 21,2% konstituen PKS yang milih Jokowi," imbuhnya.

Berdasarkan survei Median, 45,7% konstituen Partai Hanura mendukung pasangan Prabowo-Sandi. Hanura sendiri tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja, yang mengusung Jokowi-Ma'ruf. Di kubu Prabowo-Sandiaga, 37,9% konstituen Partai Demokrat (PD) justru mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Menurut Rico, pecahnya dukungan dari Hanura terjadi karena adanya konflik internal partai. Bagi PD, masih ada kekecewaan dari partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu karena Ketua Kogasma, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), tidak dipilih sebagai cawapres Prabowo.

"Saya pikir kalau secara terbuka di antara dua partai itu tidak ada yang mengizinkan politik dua kaki, ya. Tapi kalau Hanura jelas itu kelihatan ada konflik internal. Tapi, kalau Demokrat, ya, sementara ini bagi konstituen Partai Demokrat itu belum terpilihnya AHY sebagai cawapresnya Prabowo itu masih ada bekasnya. Bahkan setelah Pak SBY kemarin mengundang Pak Prabowo untuk berbicara secara terbuka, itu sepertinya bekasnya belum benar-benar pulih," jelas Rico.

Berikut ini persentase konstituen partai pendukung Jokowi-Ma'ruf yang memilih Prabowo-Sandiaga:

PDIP 4,8%
Golkar 31,0%
PKB 18,9%
NasDem 15,6%
PPP 39,8%
Hanura 45,7%
PBB 26,3%
Perindo 21,3%
PSI 31,3%

Berikut ini persentase konstituen partai pendukung Prabowo-Sandi yang memilih Jokowi-Ma'ruf:

Gerindra 5,6%
PKS 21,2%
PAN 29,9%
Demokrat 37,9%
Berkarya 19,6%


Simak Juga 'Jokowi Vs Prabowo di 3 Lembaga Survei Terakhir':

[Gambas:Video 20detik]

Survei Median: 45 % Hanura Dukung Prabowo, 37 % PD Dukung Jokowi

(azr/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed