detikNews
Senin 21 Januari 2019, 12:33 WIB

Eks Sekretaris MA Nurhadi Jadi Saksi Sidang Eddy Sindoro

Zunita Putri - detikNews
Eks Sekretaris MA Nurhadi Jadi Saksi Sidang Eddy Sindoro Mantan Sekretaris MA Nurhadi saat menjalani pemeriksaan di KPK (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi hari akan bersaksi di persidangan mantan Presiden Komisaris Lippo Group Eddy Sindoro. Nurhadi disebut terlibat dalam perkara Eddy di PN Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom, Nurhadi menghadiri sidang Eddy yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019). Nurhadi yang memakai batik berwarna cokelat tampak memegangi map berwarna merah.

Nurhadi dihadirkan dengan empat saksi lainnya yaitu Khuzaini yang merupakan tukang ojek, pengacara Agus Riyadi, dan konsultan PT Lumbung Sirilus Irianto.

Nurhadi dalam dakwaan jaksa disebut ketika Eddy mengajukan peninjauan kembali ke PN Jakarta Pusat, atas putusan pailit MA atas perusahaan PT Across Asia Limited (AAL). Namun saat itu batas pengajuannya sudah lewat.




Untuk urusan pengajuan peninjauan kembali itu, Eddy memerintahkan anak buahnya, Wresti Kristian Hesti Susetyowati untuk panitera pengganti PN Jakpus Edy Nasution. Saat itu, Edy disebut meminta uang Rp 500 juta untuk melancarkan usulan PK.

Singkat cerita, PT AAL mengajukan peninjauan kembali yang kemudian dilanjutkan PN Jakarta Pusat dengan mengirimkannya ke MA. Saat itulah Nurhadi sempat menghubungi Edy Nasution.

"Sebelum berkas perkara dikirimkan, Edy Nasution dihubungi oleh Nurhadi selaku Sekretaris MA yang meminta agar berkas perkara niaga PT AAL segera dikirim ke MA," ucap jaksa saat membacakan dakwaan Eddy di di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (27/12).

Dalam perkara ini, Eddy Sindoro didakwa menyuap Edy Nasution yang saat itu menjabat sebagai panitera PN Jakpus terkait pengurusan perkara perusahaan yang berkaitan dengan Lippo Group. Edy Nasution sudah divonis bersalah dan dihukum penjara.
(zap/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed