Tonton Blak blakan Ketua Ikatan Dai Aceh, Tes Baca Alquran Perlukah?

Erwin Dariyanto - detikNews
Senin, 21 Jan 2019 06:47 WIB
Ketua Ikatan Dai Aceh, Tgk Marsyuddin Ishak saat Blak blakan di detikcom (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta - Rencana Ikatan Dai Aceh (IDA) menggelar tes baca Alquran untuk calon presiden pada 15 Januari lalu urung terlaksana. Sebab ada salah satu calon presiden yang belum memberikan jawaban resmi.



Meski demikian Ketua IDA Tengku Marsyuddin Ishak mengatakan pihaknya akan tetap berusaha agar tes baca Alquran untuk calon presiden itu terlaksana. "Pada prinsipnya kami H-1 masih siap adakan tes baca Alquran," kata Marsyuddin kepada tim Blak blakan detikcom.

Pekan kemarin Marsyuddin mendatangi Majelis Ulama Indonesia, Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Majelis Ulama Indonesia mengisyaratkan mendukung ide tersebut. Ada pun KPU menyerahkan kepada pasangan calon terkait undangan tes baca Alquran tersebut. Yang pasti KPU tak akan menggelar tes baca Alquran untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019.



Lalu apa alasan IDA menggelar tes baca Alquran untuk Capres 2019?

Marsyuddin mengatakan bahwa gagasan bermula dari kegelisan dai-dai muda di Aceh atas munculnya politik identitas yang mewarnai Pilpres 2019. Pada akhir Desember lalu, misalnya, ada insiden gambar KH Ma'ruf Amin diedit sehingga kemudian berubah menjadi mengenakan topi santa claus yang identik dengan perayaan natal. Beberapa hari kemudian ramai beredar video Prabowo Subianto berjoget di perayaan Natal.

"Telah berkembang di Indonesia malah Aceh juga merasakan dampak dari politik identitas yang terjadi. Pendukung 01 (Capres 01 Jokowi) mengatakan 02 Islamnya pura pura, pendukung 02 menatakan 01 Islamnya untuk dipermainkan. lebih kurang begitulah," kata Marsyuddin.

Dia menyebut setelah muncul wacana tes baca Alquran untuk calon presiden, isu politik identitas di Aceh mulai menurun. Kepada Tim Blak blakan, Marsyuddin mengaku tak ditunggangi oleh kepentingan politik apa pun.

Ikatan Dai Aceh, dia melanjutkan, tidak terlibat politik praktis. Selengkapnya Tonton Blak blakan Ketua Ikatan Dai Aceh Tengku Marsyuddin Ishak, Tes Baca Alquran Perlukah? di detikcom, Senin 21 Januari 2019 pukul 13.00 WIB.

[Gambas:Video 20detik]

(erd/jat)