detikNews
Jumat 18 Januari 2019, 15:56 WIB

Seorang Ibu di Depok Diduga Dihipnotis Sepulang Mengaji

Matius Alfons - detikNews
Seorang Ibu di Depok Diduga Dihipnotis Sepulang Mengaji Foto:Tiga pelaku penipuan diamankan warga. ( dok.Istimewa)
Depok - Seorang ibu di Depok diduga menjadi korban penipuan dengan modus hipnotis. Para pelaku mengaku sebagai WN Brunei Darussalam.

Peristiwa itu terjadi di Perumahan Griya Depok Asri, Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Depok, Kamis (17/1) kemarin. Pelaku menggunakan mobil sempat diamankan warga sebelum akhirnya diserahkan ke polisi.

"Jadi betul (pelaku) sempat dibawa ke kantor satpam sini, ceritanya itu korban pulang ngaji tuh di Masjid Al-Huda, tiba-tiba datang tuh 3 orang hipnotis," kata Budi, sekuriti perumahan saat ditemui detikcom di lokasi, Jumat (18/1/2019).

Para pelaku yang saat itu menggunakan mobil Toyota Avanza warna hitam mendatangi korban. Para pelaku mengaku hendak menukarkan uang dolar.

"Cuma si korban itu nggak ada duit, nah akhirnya disuruh pulang oleh pelaku untuk ambil duit," imbuhnya.

Korban pun menurut hingga diantar ke rumahnya dengan menaiki mobil. Sesampainya di rumahnya, anak korban mencurigai para pelaku.

"Anaknya tuh curiga, terus mobil si yang hipnotis itu kabur, dikejar sama anaknya naik motor. Ketangkep di depan sini," ungkapnya.

Warga yang mengetahui keributan itu kemudian menangkap para pelaku. Ketiga pelaku yakni Sulawardana (50), Joko Purwanto (50), Harun Bakri (46) kemudian diamankan di pos sekuriti sebelum akhirnya dibawa ke Polsek Sukmajaya.

Kapolsek Sukmajaya Kompol Bronet membenarkan adanya penangkapan para pelaku. Saat ini ketiga pelaku masih dimintai keterangan.

"Iya betul ada kejadian itu, katanya dihipnotis. Masih kita periksa," kata Bronet saat dihubungi.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed