DetikNews
Minggu 13 Januari 2019, 13:36 WIB

Warga Harap JPO di Dekat FX Sudirman Dapat Segera Beroperasi

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Warga Harap JPO di Dekat FX Sudirman Dapat Segera Beroperasi Jalan Jenderal Sudirman di dekat FX Sudirman terdapat pelican crossing dan jembatan penyeberangan orang (JPO) untuk warga menyeberang dan menuju halte bus Transjakarta GBK. (Adhi/detikcom)
Jakarta - Jalan Jenderal Sudirman di dekat FX Sudirman terdapat pelican crossing dan jembatan penyeberangan orang (JPO) untuk warga menyeberang dan menuju halte bus Transjakarta GBK. Warga mengaku lebih nyaman menggunakan JPO ketimbang menggunakan pelican crossing.

"Kalau lebih safety, sih, lewat jembatan (JPO), karena kalau kendaraannya sudah pada lewat kan kadang macet atau apa gitu, susah jadinya. Lebih aman lewat JPO sih," ujar salah seorang warga, Irsyad, saat ditemui di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (13/1/2019).

Irsyad pun berharap agar pelican crossing tidak lagi difungsikan jika JPO nantinya sudah dipergunakan. "Soalnya kurang aman juga lewat sini (pelican crossing), banyak kendaraan gitu," ungkapnya.


Hal senada diungkapkan warga lainnya, Hilal, yang kerap melintas di lokasi tersebut. Hilal memandang menyeberang dan menuju halte TransJ menggunakan JPO lebih aman.

"Lebih aman lewat jembatan, safety-nya ada," kata dia.

Demikian halnya dengan Ardi. Karyawan swasta ini mengaku lebih sering menggunakan JPO saat melintas di wilayah itu. Adanya JPO membuat warga yang hendak menyeberang lebih aman dan tidak perlu membuang waktu untuk menunggu kendaraan berhenti saat menyeberang.

"Buat saya nggak masalah naik jembatan, tapi mungkin buat beberapa orang, kayak penyandang disabilitas, lebih bagus begini gitu (pakai pelican cross)," imbuhnya.

Warga Harap JPO di dekat FX Sudirman Dapat Segera BeroperasiJalan Jenderal Sudirman di dekat FX Sudirman terdapat pelican crossing dan jembatan penyeberangan orang (JPO) untuk warga menyeberang dan menuju halte bus Transjakarta GBK. (Adhi/detikcom)

Ditemui terpisah, pengawas lapangan proyek revitalisasi JPO Transjakarta GBK, Jim (23), mengungkapkan bahwa JPO tersebut ditargetkan selesai dan diserahterimakan pada 15 Januari 2019 mendatang. Menurutnya, JPO yang mulai dibangun pada November 2018 itu kini sudah hampir selesai direvitalisasi.

"Rencananya memang sampai 31 Desember 2018 (selesai), ya, cuma kan tahu sendiri, belakangan ada gangguan cuaca segala macam. Sementara pekerjaan ini kan ya kalau hujan jadi berhenti, demi keselamatan," paparnya.

Warga Harap JPO di dekat FX Sudirman Dapat Segera BeroperasiPembangunan JPO di dekat FX Sudirman. (Adhi/detikcom)

Jim mengatakan nantinya warga yang hendak menuju halte TransJ GBK hanya boleh menggunakan JPO. Namun dia tidak mengetahui apakah pelican crossing di lokasi tersebut nantinya tidak dioperasikan lagi.

"Sebenarnya sih saya belum tahu (pelican crossing difungsikan), tapi karena fungsinya juga untuk menyeberang ke jalur busway, kayaknya pelican crossing ini cuma temporary gitu. Soalnya di kawasan FX Sudirman ini kan kendaraan ramai, ya. Dengan adanya pelican cross di titik ini, analisis lalu lintasnya itu kayaknya terganggu, soalnya jalur ramai, kan. Karena nggak bagus juga ada lampu merah atau pelican cross di situ. Jadi ini sepertinya temporary saja," imbuhnya.


Simak Juga 'Waduh! Ujung JPO Ini Malah di Jalan Raya':

[Gambas:Video 20detik]


Warga Harap JPO di Dekat FX Sudirman Dapat Segera Beroperasi

(nvl/bpn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed