DetikNews
Minggu 13 Januari 2019, 07:41 WIB

Akankah Kemang Village Ganti Rugi Bonita yang Mobilnya Dibobol?

Danu Damarjati - detikNews
Akankah Kemang Village Ganti Rugi Bonita yang Mobilnya Dibobol? Foto ilustrasi (Dok Instagram Bonita Rachel)
Jakarta - Mobil seorang warga bernama Bonita Rachel dibobol di parkiran Lippo Mal Kemang atau Kemang Village, Jakarta Selatan. Menurut Peraturan Daerah DKI Nomor 5 Tahun 2012 tentang Perparkiran, penyelenggara parkir perlu mengganti rugi bila ada kehilangan atau kerusakan kendaraan yang berada di kawasannya. Akankah Kemang Village mengganti kerugian Bonita?

"Saya tidak mau menjawab apakah itu diganti atau tidak sampai penyelidikan polisi selesai dilakukan," kata Corporate PR and Reputation Management Lippo Mall Kemang, Nidia N Ichsan, kepada wartawan, Minggu (13/1/2019).

Nidia menjelaskan, pihak Kemang Village kini terus berkoordinasi dengan kepolisian untuk memastikan kasus dugaan pembobolan mobil pengunjungnya itu. CCTV telah diserahkan ke polisi agar memudahkan pengusutan dugaan pembobolan ini.



"Kita proaktif untuk memberikan informasi dan data yang dibutuhkan kepolisian," kata Nidia.

Pihak Kemang Village mengimbau mengimbau agar semua pengunjung yang memarkirkan kendaraan di tempatnya agar menjaga barang berharganya. "Saya tidak akan defense, tapi kita juga mengimbau semua pengunjung untuk tidak meninggalkan barang berharga di mobil," kata dia.

Pihaknya juga akan mengecek kebenaran kabar yang disampaikan Bonita, bahwa peristiwa pencurian di parkiran Kemvil, begitu sebutan populer tempat ini, sudah beberapa kali terjadi. "Saya telah meminta tolong untuk polisi mengecek laporannya, karena setiap tindakan kriminal kan tugas kita untuk melaporkan ke kepolisian. Saya juga ingin melakukan pengecekan ke kepolisian, apakah ada laporan terkait semua kejadian di mal ini," kata Nidia.

Perlukah Kemang Village Ganti Rugi?

Menurut Pasal 49 Perda DKI tentang Perparkiran, kendaraan yang rusak atau hilang menjadi tanggung jawab penyelenggara parkir. Pengguna jasa parkir yang kendaraannya hilang atau rusak saat parkir diatur supaya melapor ke petugas parkir atau penyelenggara parkir.



"Ganti kerugian kendaraan yang hilang atau rusak pada saat parkir sebagaimana dimaksud dalam Pasal 48, di luar ruang milik jalan menjadi tanggung jawab penyelenggara parkir melalui asuransi," demikian bunyi Pasal 49. Yang disebut di sini adalah kendaraan, bukan barang yang ada dalam kendaraan.

Adapun Pasal 36 huruf e Perda ini mengatur kewajiban pengguna jasa parkir, yakni, "Tidak meninggalkan barang berharga dan karcis parkir di dalam mobil."

Peristiwa dugaan pembobolan mobil ini dialami Bonita pada Kamis (10/1) kemarin. Diduga lewat peristiwa itu, Bonita kehilangan dua tas yang masing-masing berisi laptop. Jadi dia kehilangan dua unit laptop. Bonita telah melaporkan apa yang dia alami ke pihak kepolisian.

Lewat akun Instagramnya, @resboresta, dia mengunggah ketentuan umum parkir di lokasi mal itu. Poin 4 ketentuan umum parkir itu berbunyi, "Kerusakan atas kendaraan yang diparkirkan dan kehilangan atas barang di dalam kendaraan merupakan tanggung jawab pengguna kendaraan."



Terkait hal ini, selain Perda DKI tentang Perparkiran, ada pula Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang mengatur perihal klausula baku, yakni setiap aturan atau ketentuan dan syarat-syarat yang telah dipersiapkan dan ditetapkan terlebih dahulu secara sepihak oleh pelaku usaha yang dituangkan dalam suatu dokumen dan/atau perjanjian yang mengikat dan wajib dipenuhi oleh konsumen. Pasal 18 ayat 1 huruf a mengatur pelaku usaha dilarang membuat atau mencantumkan klausula baku apabila, "Menyatakan pengalihan tanggung jawab pelaku usaha."

Bila ada klausula baku yang menyatakan pengalihan tanggung jawab pelaku usaha, maka klausula baku seperti itu batal demi hukum, sebagaimana diatur pada Pasal 18 ayat 3.


Simak Juga 'Laptop Digondol Maling, Materi-materi Penelitian S3 Raib':

[Gambas:Video 20detik]


Akankah Kemang Village Ganti Rugi Bonita yang Mobilnya Dibobol?

(dnu/eva)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed