DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 17:22 WIB

Priyo Budi Sesalkan Budiman Sudjatmiko Tuding Orba soal Penyitaan Buku

Tsarina Maharani - detikNews
Priyo Budi Sesalkan Budiman Sudjatmiko Tuding Orba soal Penyitaan Buku Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso (Andika/detikcom)
Jakarta - Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko menduga ada keterlibatan unsur Orde Baru dalam kegiatan penyitaan buku berbau 'PKI' yang dilakukan aparat gabungan TNI dan Kejaksaan Padang. Sekjen Berkarya Priyo Budi Santoso menyesalkan pernyataan Budiman.

"Saya sesalkan tudingan Mas Budiman yang mengaitkan segala hal dengan Orde Baru," kata Priyo kepada wartawan, Sabtu (12/1/2019).


Priyo menyebut tudingan Budiman itu harus diluruskan. Menurut dia, TNI memiliki tugas memberantas paham komunis. Priyo mengatakan hal ini tak ada hubungannya dengan kepemimpinan siapa pun.

"Tudingan stigmatik semacam ini tidak baik. Ini yang harus diluruskan. TNI adalah bayangkari negara dan kita bangga dengannya."


"Yang kita tahu sampai kapan pun dan pemimpin negara dari parpol mana pun, TNI ya tetap TNI yang anti-PKI. Ini nggak ada hubungannya dengan orde mana pun," lanjut Priyo.

Dugaan soal adanya unsur Orba dalam penyitaan buku itu diungkapkan Budiman lantaran bukunya yang berjudul 'Anak-anak Revolusi' turut disita. Buku karya Budiman itu menceritakan tentang dirinya semasa kecil hingga berjuang melawan rezim Orde Baru.


Atas peristiwa itu, Priyo pun menyampaikan simpati kepada Budiman. "Saya sampaikan simpati yang dalam kepada Budiman Sujatmiko atas penyitaan bukunya oleh aparat TNI," kata Priyo.
(tsa/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed