DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 15:35 WIB

Tim Prabowo Bantah Ubah Visi-Misi Jiplak Jokowi: Kubu Sebelah Hoax

Faiq Hidayat - detikNews
Tim Prabowo Bantah Ubah Visi-Misi Jiplak Jokowi: Kubu Sebelah Hoax Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso, membantah pihaknya menjiplak visi-misi Jokowi-Ma'ruf. Dia mengatakan tudingan dari kubu capres cawapres nomor urut 01 itu hoax.

"Katanya kami menjiplak kubu sebelah, saya jawab, sepenuhnya itu tidak betul, sepenuhnya itu hoax. Kami tidak mungkin menjiplak pola pikir dan visi-misi kubu sebelah karena posisi dan perspektif kami memandang bangsa banyak berbeda," kata Priyo di d'Consulate Resto & Lounge, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2019).

Sekjen Partai Berkarya ini menyatakan visi-misi tersebut tidak diubah semua, hanya penyempurnaan dan penjabaran bahasa agar mudah dipahami publik. Namun soal KPU menolak perubahan visi-misi itu, pihak BPN Prabowo-Sandi menghormati keputusan penyelenggara pemilu tersebut.

"Jadi sebenarnya itu bukan mengubah secara total terhadap visi dan misi, tapi penyempurnaan dan penjabaran yang dilakukan dengan estetika dan bahasa yang lebih enak dan dipahami oleh masyarakat luas, dan ternyata oleh KPU ya singkatnya tidak boleh diubah lagi, nah kami taat saja kalau itu sesuai aturan," jelas Priyo.



Selain itu, Priyo menyinggung perubahan foto Jokowi-Ma'ruf di surat suara. Dalam foto tersebut, Jokowi-Ma'ruf mengenakan baju koko. Sedangkan Prabowo-Sandi memakai jas berwarna hitam karena dinilai sebagai pemimpin presidensial atau siap memimpin Indonesia.

"Sementara kami relatif tidak lakukan pergantian (pakaian) karena kami ingin mengedepankan foto yang bercita rasa presidensial, siap untuk memimpin, tidak harus sehat, dramatis menunjukkan baju baju yang menunjukkan identitas muslim atau apa karena calon kami sudah sangat dicintai oleh masyarakat muslim maupun masyarakat golongan-golongan lain;" tutur dia.



Sebelumnya, Jubir TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, menuding Prabowo-Sandiaga tak hanya melakukan revisi, tapi juga merombak total visi-misi mereka. Disebutkan juga kubu pasangan nomor urut 02 itu menjiplak Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Salah besar narasi yang dibangun oleh timses paslon 02 bahwa mereka hanya memoles gincu estetika dan sekadar revisi. Yang mereka lakukan adalah merombak total visi-misi lama dengan cara menjiplak," kata Ace.



Simak juga video 'Hoax Surat Suara Tercoblos Disebarkan untuk Pendukung Prabowo':

[Gambas:Video 20detik]


(fai/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed