DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 13:30 WIB

Kata Dahnil soal Akun Twitternya 'Dicolek' Tersangka Hoax Surat Suara

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Kata Dahnil soal Akun Twitternya Dicolek Tersangka Hoax Surat Suara Foto: Instagram dahnil_anzar_simanjuntak
Jakarta - Polisi menetapkan MIK (38) sebagai salah satu tersangka yang menyebarkan hoax surat suara tercoblos. MIK sempat 'mencolek' akun Twitter Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, saat mem-posting soal surat suara tercoblos.

Dahnil enggan menanggapi serius hal itu. Dia mengatakan siapa pun bisa me-mention akunnya.

"Siapa pun kan bisa di-mention di Twitter," kata Dahnil di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2019).



Dahnil bahkan menyebut bukan hanya dirinya yang mendapat mention dari akun-akun yang tidak jelas. Tokoh publik lainnya juga mengalami hal yang sama.

"Jadi kalau di Twitter, siapa pun bisa me-mention siapa saja. Akun apa pun bermaksud baik atau jahat bisa me-mention saya. Bahkan Pak Jokowi juga suka di-mention-mention. Kok mention-mention tiba-tiba saya dipersalahkan, saya nggak tahu kekonyolan apa lagi," sebut Dahnil.

Sebelumnya, MIK menyebarkan hoax surat suara tercoblos di Twitter dengan maksud memberi tahu tim pasangan capres-cawapres nomor urut 02. MIK ditetapkan sebagai tersangka karena kabar yang disebarkan berita bohong (hoax).

"Hasil pemeriksaan yang bersangkutan bahwa membuat narasi kalimat tersebut itu dibuat sendiri yang bersangkutan dengan maksud memberi tahu kepada para tim ke paslon 02 tentang info tersebut. Ini menurut keterangan tersangka," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (11/1).



MIK, menurut Argo, mengaku sebagai pendukung Prabowo-Sandiaga. Tapi polisi fokus pada penyidikan hoax yang dilakukan dengan patroli siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

"Ya wajarlah namanya masyarakat itu memberi narasi kepada salah satu pasangan," sambungnya.

Lewat akun Twitter, MIK menyebarkan hoax soal surat suara tercoblos dengan me-mention akun Twitter Dahnil Anzar Simanjuntak.

"Dia (tersangka) perannya buat kalimat yang dibuat sendiri di akun Twitter. Barang bukti 1 lembar capture akun Twitter, nah ini, barbuknya, jadi di Twitter dia itu ada tulisan ini (menunjukkan lembar screenshot). Jadi ada ini Twitter dia ada @dahnilanzar di atasnya, 'Harap ditindaklanjuti informasi berikut, di Tanjung Priok ada 7 kontainer yang berisi 80 juta surat suara yang sudah dicoblos. Ayo pada merapat, pasti dari Tiongkok'. Tapi di atas tulisan ini ada capture juga yang isinya viralkan, info dari sumber yang layak dipercaya dan seterusnya," papar Argo.



Simak juga video 'Tersangka Hoax Surat Suara Sempat 'Nyolek' Akun Dahnil Anzar':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed