DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 09:48 WIB

Ada Layanan Paspor Simpatik, Warga Padati Imigrasi Jaksel

Farih Maulana Sidik - detikNews
Ada Layanan Paspor Simpatik, Warga Padati Imigrasi Jaksel Suasana di kantor Imigrasi Jaksel (Foto: Farih Maulana-detikcom)
Jakarta - Warga memadati kantor Imigrasi Jakarta Selatan demi mendapat layanan paspor simpatik. Layanan paspor simpatik ini diberikan dalam rangka menyambut ulang tahun Imigrasi ke-69.

Pantauan detikcom di lokasi, Jalan Warung Buncit Raya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Sabtu (12/1/2019), warga sudah memadati kantor Imigrasi sejak pukul 08.00 WIB.


Menurut Kepala Seksi Pelayanan Dokumen Perjalanan Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan Ruly Sandy Kusuma, layanan ini ditujukan untuk memudahkan warga yang tak sempat mengurus paspor di hari kerja. Layanan paspor simpatik ini disebutnya dilakukan di Kantor Imigrasi se-Indonesia di hari Sabtu atau Minggu tergantung kebijakan masing-masing.

Ada Layanan Paspor Simpatik, Warga Padati Imigrasi JakselFoto: Farih Maulana-detikcom
"Jadi layanan simpatik itu pelayanan yang tadi saya sampaikan bahwa kita supaya lebih dekat dengan masyarakat, menjangkau mereka-mereka yang mungkin di hari kerja sibuk, tidak sempat membuat paspor. Kita sediakan di hari libur, dihari off-nya mereka bisa datang ke kantor untuk mengajukan permohonan paspor," kata Ruly.


Dia mengatakan ada kuota untuk melayani 250 orang. Biaya pengurusan paspor Rp 355 ribu bisa dibayarkan ke bank ataupun Pos Indonesia.

Warga yang ingin mengurus paspor diminta untuk membawa sejumlah dokumen. Dia berharap layanan ini bermanfaat bagi warga.

"Untuk persyaratan permohonan baru KTP, KK, akte lahir, kalau tidak punya akte lahir bisa diganti dengan buku nikah. Kalau buku nikah nggak punya bisa ganti ijazah. Tapi kalau permohonan pergantian paspor atau perpanjangan itu cukup elektronik KTP sama paspor lamanya aja," ujarnya.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed