DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 09:06 WIB

Dapat 0,2% Versi Alvara, Garuda: Dulu Kami Juga Tak Diyakini Lolos Pemilu

Haris Fadhil - detikNews
Dapat 0,2% Versi Alvara, Garuda: Dulu Kami Juga Tak Diyakini Lolos Pemilu Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Partai Garuda mengatakan memiliki langkah untuk mendongkrak elektabilitasnya yang menurut survei Alvara berada di angka 0,2%. Menurut Garuda, dulu mereka juga sempat diprediksi tak lolos jadi peserta pemilu.

"Kami instruksikan ke titik paling bawah di kader kami, simpatisan kami, termasuk relawan caleg dan caleg sendiri untuk melakukan upaya, strategi yang sudah DPP persiapkan. Soal hasil nanti kita lihat bersama. Sama seperti partai ini pertama tidak diprediksi lolos ya, kita lihat nanti," kata Sekjen Garuda Abdullah Mansuri kepada detikcom, Jumat (11/1/2018).


Alvara melakukan survei nasional elektabilitas parpol pada periode 11-24 Desember 2018 dengan metode multistage random sampling. Garuda disebut mendapat elektabilitas 0,2%. Angka itu belum mencapai ambang batas minimal parlemen, yakni 4%.

Pengumpulan data dalam survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka (face-to-face interview) kepada 1.200 responden terpilih dari 34 provinsi di Indonesia dengan margin of error 2,88 persen. Hasilnya, 3 partai teratas dihuni oleh PDIP dengan elektabilitas 28,3%, diikuti Partai Gerindra 17,3% dan Partai Golkar 9,9%.


Abdullah mengatakan partainya akan 'tancap gas' mulai Januari 2019 hingga menjelang pemilu pada April nanti. Menurutnya, tiga bulan ke depan adalah waktu yang krusial bagi setiap partai.

"Bagi kami, Januari ini, kalau ibarat mobil ini sudah gigi 4 gigi 5 sampai April, awal April. Semoga di akhir Maret kita sudah ketahui hasil dari upaya-upaya yang kita lakukan."



Simak juga video 'Pemilih di Luar Dapil Tak Bisa Coblos Caleg di Pemilu 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed