DetikNews
Jumat 11 Januari 2019, 20:03 WIB

Kepala BNPB Ingin Pelatihan Mitigasi Bencana hingga Tingkat RW

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kepala BNPB Ingin Pelatihan Mitigasi Bencana hingga Tingkat RW Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen Doni Monardo mengunjungi lokasi tanah longsor Sukabumi (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Sukabumi - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan masih banyak masyarakat yang belum memahami mitigasi bencana. Karena itu, perlu pelatihan soal mitigasi bencana sampai tingkat RW.

Doni sempat berbincang dengan salah satu tokoh masyarakat di Sukabumi bagian selatan. Doni bertanya soal pengetahuan potensi tsunami di laut Sukabumi.

"Mereka jawab tidak tahu. Kami pikir ini kewajiban BNPB dan seluruh stakeholder lain untuk lebih agresif memberikan informasi kepada masyarakat. Kalau tingkat tokoh tidak tahu, bagaimana masyarakat lainnya? Bagaimana mereka siapkan tentang keselamatan?" kata Doni kepada wartawan di Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (11/1/2019).

Karena itu, BNPB akan memberikan pelatihan soal mitigasi bencana di tingkat rukun warga (RW). RW dianggap sebagai struktur masyarakat paling strategis untuk mitigasi bencana.





"Upaya untuk kurangi risiko bencana tidak bisa hanya level pusat sampai provinsi. Tapi juga RW. Kenapa? Karena RW rentan dan bisa atasi risiko ancaman. Contoh di pantai, ada upaya mereka ingatkan. Kalau desa luas, ada desa yang cukup luas," kata Doni.

Doni menyebut masyarakat seharusnya sadar Indonesia berada di kawasan rawan bencana alam. Karena itu, perlu keseriusan untuk memberi edukasi kepada masyarakat soal mitigasi.





"Kita harus siapkan infrastruktur dan lain-lain untuk menyadarkan bahwa kita hidup di atas cincin api. Yang sebagian gunungnya aktif. Kita ada di patahan, di tempat kita ini, patahan," kata Doni.
(aik/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +