DetikNews
Jumat 11 Januari 2019, 19:19 WIB

Kelompok Golf Sumbang Dana Kampanye, TKN Jokowi: Tak Langgar Aturan

Andhika Prasetia - detikNews
Kelompok Golf Sumbang Dana Kampanye, TKN Jokowi: Tak Langgar Aturan Abdul Kadir Karding (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin mengungkapkan ada kelompok pengusaha atau 'kelompok golf' ikut andil menyumbang dana kampanye Pilpres 2019. TKN menyebut sumbangan tersebut tidak menyalahi aturan.

"Jadi mereka mengeluarkan sumber daya berupa... ada dua kan, cash dan bentuk barang. Ada beberapa bentuk barang disumbangkan. Jadi sebenarnya nggak ada masalah. Sudah sesuai aturan dan PKPU, UU," ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jumat (11/1/2019).



Karding mengatakan para penyumbang murni memiliki motif membantu pemenangan Jokowi.

"Ya nggak apa-apa sepanjang itu boleh dalam UU dan tidak disalahkan. Kalau perusahaan kan Rp 25 (miliar), kalau perorangan kan Rp 2,5 (miliar) maksimum. Nah, yang terjadi di kita itu bahwa beberapa komunitas orang-orang yang berkumpul dalam satu komunitas misalnya itu nyumbang," bebernya.



Karding mengklaim penyumbang dari pihak ketiga tidak menginginkan timbal balik kepada Jokowi. Mereka juga disebut tidak memiliki proyek yang bersinggungan dengan pemerintahan Jokowi.

"Nggak ada, nggak ada, nggak ada yang punya proyek terhadap pemerintah juga, nggak ada. Boleh dicek," klaim Karding.
(dkp/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed