DetikNews
Jumat 11 Januari 2019, 18:39 WIB

Alvara: Undecided Voters Jelang Pilpres Turun, Cenderung ke Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Alvara: Undecided Voters Jelang Pilpres Turun, Cenderung ke Jokowi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Alvara Research Center menyebut angka undecided voters atau pemilih yang belum menentukan sikap untuk Pilpres 2019 turun. Mereka disebut cenderung memilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin ketimbang Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Undecided voters mulai menurun. Ceruk pemilih yang belum memutuskan pilihan untuk Pilpres 2019 cenderung turun menjadi 10%. Mereka cenderung memilih Jokowi-KH Ma'ruf dibandingkan Prabowo-Sandi," kata Founder and CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali dalam keterangannya, Jumat (11/1/2019).




Angka tersebut merupakan hasil survei terbaru Alvara yang dilakukan pada periode 11-24 Desember 2018 dengan metode multistage random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka (face-to-face interview) kepada 1.200 responden terpilih dari 34 provinsi Indonesia. Dalam survei itu, Jokowi-Ma'ruf mendapat 54,3%, Prabowo-Sandi 35,1%.

Undecided voters dalam survei terbaru Alvara mencapai angka 10,6%, sedangkan survei Alvara pada periode sebelumnya, yakni Oktober 2018, angka undecided voters mencapai 12,0%. Dari angka 10,6% itu, Alvara memecah arah dukungan para undecided voters tersebut.

"Kecenderungan undecided voters pada Pilpres 2019 akan memilih Jokowi-KH Ma'ruf Amin (54,7%) dibandingkan Prabowo-Sandi (45,3%)," sebut Hasanuddin.




Alvara juga menyurvei soal arah politik para pemilih muda. Menurutnya, akan ada persaingan ketat dalam memperebutkan suara pemilih muda.

"Pertarungan ketat terjadi dalam memperebutkan pemilih muda, Gen Z dan milenial. Ceruk pemilih swing voters masih perlu diwaspadai oleh kedua capres-cawapres," sebut dia.
(gbr/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed