DetikNews
Selasa 08 Januari 2019, 17:50 WIB

Sidang Suap Eni Saragih

Eni Saragih Disebut Terima SGD 40 Ribu untuk CSR Bangun MCK

Faiq Hidayat - detikNews
Eni Saragih Disebut Terima SGD 40 Ribu untuk CSR Bangun MCK Mantan anggota Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Terdakwa kasus suap terkait PLTU Riau-1, Eni Maulani Saragih, disebut pernah meminta uang pada Direktur PT One Connect Indonesia (OCI) Herwin Tanuwidjaja. Duit yang dimintakan itu disebut untuk membangun fasilitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus) bagi warga.

"(Eni meminta uang untuk) buat pembangunan MCK. Kalau di mana, saya lupa, tapi ceritanya di daerah pedalaman," kata Herwin saat bersaksi dalam sidang Eni di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2019).




Dalam surat dakwaan Eni, PT OCI yang dipimpin Herwin itu bergerak di bidang minyak dan gas (migas). Herwin mengaku memberikan 40 ribu dolar Singapura pada Eni melalui seorang bernama Indra.

"Indra (adalah) stafnya Bu Eni. Uang 40 ribu dolar Singapura atau sekitar Rp 400 juta," ucap Herwin.

"Dia tidak sebut nominal, tapi bilang satu rumah sekitar Rp 2 juta. Atas permintaan itu, saya kasih," imbuh Herwin.

Jaksa bertanya-tanya mengenai urusan Herwin memberi uang ke Eni. Namun Herwin mengaku bila pemberian itu tidak terkait jabatan Eni sebagai anggota DPR kala itu.

"Kenapa bangun MCK kok ke Anda?" tanya jaksa.




"Mungkin dia pikir untuk CSR (Corporate Social Responsibility), pak. Untuk sosial sukarela," jawab Herwin.

"Tidak pernah (dibantu Eni dapat proyek)," imbuh Herwin.

Hal itu berbeda dari surat dakwaan jaksa untuk Eni. Di dalam surat dakwaan itu, jaksa menyebut pemberian uang dari Herwin untuk Eni karena sebelumnya Eni telah membantu memfasilitasi Herwin dengan Kementerian Lingkungan Hidup agar perusahaan Herwin dapat melakukan impor limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) yaitu limbah tembaga yang akan diolah menjadi copper slag.



Simak juga video 'Beri Miliaran ke Eni Saragih, Johannes Tak Tahu Itu Bentuk Suap':

[Gambas:Video 20detik]


(fai/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed