detikNews
Selasa 08 Januari 2019, 16:35 WIB

Ma'ruf Amin Resmikan Portal Khusus bagi Relawan

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Maruf Amin Resmikan Portal Khusus bagi Relawan Ma'ruf Amin (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Ma'ruf Amin meresmikan Master C19 KMA yang merupakan portal bagi para relawan cawapres nomor urut 01 itu. Portal tersebut juga untuk mensosialisasi arus baru ekonomi Indonesia yang sering disebut-sebut oleh Ma'ruf.

"Untuk mengawal terlaksananya Indonesia, karena itu seperti apa Master C19 ini menerapkan program-programnya untuk membangun arus baru Indonesia maju ini, akan ada langkah-langkah yang dilakukan, baik di bidang ekonomi, politik, bidang sosial budaya, dan bidang-bidang yang lain. Itu yang perlu saya jelaskan," kata Ma'ruf di Posko Master C19, Jalan Cirebon, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2019).

Ma'ruf menjelaskan apa yang dimaksud arus baru ekonomi Indonesia. Ia menyebut arus baru ekonomi Indonesia bertujuan melepas disparitas antara masyarakat kaya dengan masyarakat miskin.


"Kita ingin Indonesia nanti produknya seimbang dengan produk global sehingga produksi ekspor dan impor berimbang tak berat sebelah. Pemberdayaan ekonomi umat juga merupakan salah satu syarat supaya tak terjadi kesenjangan," kata Ma'ruf.

Ketum MUI itu mengatakan ingin masyarakat Indonesia bisa mengelola produknya sendiri dan menjualnya ke negara lain. Hal itu bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat menengah ke bawah.

"Satu contoh misalnya di Sulsel ada cokelat, itu dijual Rp 1.000. Setelah diolah di luar negeri, cokelat itu angkanya naik Rp 20.000, dan itu dijual lagi ke Indonesia. Kita jual Rp 1.000, tapi kita beli Rp 20.000. Berarti ada nilai tambah Rp 19.000, tapi yang dapat nilai tambah itu bukan rakyat kita, tapi pihak lain," tutur Ma'ruf.

"Oleh karena itu, ke depan kita upayakan agar nilai tambah itu tak hanya dimiliki oleh orang lain, tapi dimiliki rakyat Indonesia sendiri. Itulah arus baru ekonomi Indonesia," sambungnya.


Direktur Master C19, Dodi Nugroho, menyebut Master C19 lahir karena kesadaran Ma'ruf Amin untuk mengkoordinasi para relawannya di seluruh Indonesia. Portal dengan alamat www.masterc19.com itu juga bertugas mempertegas komitmen Ma'ruf Amin terkait arus baru ekonomi Indonesia.

"Saya tegaskan, pertama, memang fungsi gerakan sebagai konsolidator relawan. Dua, mengawal gagasan arus baru sebagai ekonomi Indonesia, begitu," kata Dodi di lokasi yang sama.

Senada dengan Dodi, Pembina Master C19, Ahmad Syauqi menyebut para relawan Ma'ruf bisa mendaftarkan kelompok relawannya ke situs Master C19 KMA agar terdata dengan resmi. Website Master C19 KMA juga berfungsi untuk wadah diskusi sesama relawan.

"(Di website itu) kami yang berikan info lengkap terkait strategi untuk relawan. Bulan Januari kita segera me-launching beberapa posko portal KMA di beberapa provinsi, khususnya Banten, Jabar, DKI," kata Ahmad.
(elz/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed